INTEGRASI PELAYANAN PERIZINAN ONLINE DENGAN PORTAL INSW

perizinan1

Dalam rangka optimalisasi pelayanan perizinan pendaftaran pupuk dan pestisida, Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (Pusat PVTPP) menyelenggarakan Workshop Perizinan Pupuk dan Pestisida Online di Hotel Savoy Bandung pada tanggal 18 Maret 2016 yang lalu dan dihadiri 100 peserta terdiri dari perwakilan dari Direktorat Jenderal Teknis Prasarana dan Sarana, perwakilan dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, serta pejabat lingkup Pusat PVTPP dan stakeholder bidang pupuk dan pestisida.
Kepala Pusat PVTPP yang membuka kegiatan tersebut pada sambutannya menyampaikan bahwa peningkatan pelayanan perizinan merupakan hal utama dalam penyelenggaraan pelayanan publik di Kementerian Pertanian. Maka untuk menciptakan pelayanan publik yang baik serta mendapatkan predikat kepatuhan dari Ombudsman, Pusat PVTPP harus memperhatikan aspek kecepatan, transparansi, dan kepastian waktu layanan. Dengan tiga aspek pelayanan tersebut, maka dapat menumbuhkan kepercayaan dari para pemohon atau pelaku usaha bahwa Pemerintah dalam hal ini Pusat PVTPP berkomitmen memberikan pelayanan publik dengan baik.
Pusat PVTPP sendiri terus mengembangkan perizinan online khususnya pelayanan perizinan pupuk dan pestisida sesuai dengan Permentan 117/Permentan/HK.300/11/2013 tentang Pelayanan Perizinan Pertanian Secara Online, bahwa proses pemeriksaan persyaratan administrasi dilakukan paling lama selama tiga hari kerja selama permohonan tersebut memenuhi persyaratan yang berlaku.
Sesuai dengan era transparansi dan percepatan pelayanan, Pusat PVTPP saat ini sedang dalam tahap pengintegrasian Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Perizinan Pertanian (SIM-PPP) dengan portal Indonesia National Single Window (INSW), sehingga dibutuhkan koordinasi berkelanjutan antara Pusat PVTPP, Direktorat Teknis lingkup Kementerian Pertanian terkait serta Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Pengembangan aplikasi tesebut akan membantu dan mempermudah pemohon dalam hal efisiensi biaya, waktu dan proses yang lebih transparan untuk menghindari proses dwelling time di pelabuhan.

IMG_0335Untuk mempercepat proses pelayanan kepabeanan Pelayanan Perizinan di Kementerian Pertanian, maka Pusat PVTPP sedang dalam tahap penyempurnaan proses pengiriman data ke portal INSW dari Web Form menjadi Web Service. Web form saat ini yang digunakan adalah sistem yang menyediakan form input di aplikasi, dimana pemohon mengajukan permohonan input data ke portal INSW melalui Pusat PVTPP dan entry data dilakukan oleh Pusat PVTPP ke portal INSW. Sedangkan web service yaitu adalah sebuah sistem yang menyediakan pengiriman data dari database A ke database B dengan menggunakan sistem. Dengan implementasi web form ke web service pada SIM-PPP, maka SIM-PPP akan mengirimkan permohonan perizinan yang telah disetujui ke portal INSW yang telah diverifikasi oleh petugas Pusat PVTPP melalui web service. Manfaat penggunaan web service adalah dapat memangkas proses pelayanan perizinan, sehingga pelayanan perizinan menjadi lebih cepat, tepat dan akurat, dan pemohon juga dapat melakukan tracking proses perizinan online melalui SIM-PPP.