KAPUS PVTPP MENGHADIRI 7th SESION OF GOVENING BODY ITPGRFA di KIGALI RWANDA

Rwanda1

Memenuhi undangan Food and Agriculture Organization, Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian menghadiri pertemuan Governing Body Meeting yang ketujuh dari The International Treaty on Plant Genetic Resources for Food and Agriculture (ITPGRFA). Kegiatan ini dilaksanakan di Kigali Rwanda dari tanggal 28 Oktober -3 November 2017.

Kegiatan ini diawali dengan serangkaian kegiatan kelompok regional Asia, dimana saat ini Indonesia merupakan koordinator regional ASIA. Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Menteri Pertanian dan Sumberdaya Peternakan Rwanda Dr. Gerardine MUKESHIMANA, dan dihadiri  perwakilan lebih dari 100 negara, perwakilan industri benih, NGO, petani dan pemerhati plasma nutfah.

Dalam kesempatan ini Kepala Pusat PVTPP menyampaikan laporan tentang pelaksanaan Global consultation on Famers Rights yang dilaksanakan tahun lalu di Bali. Salah satu point penting dari laporan itu adalah usulan pembentukan Working Group untuk menata kegiatan yang terkait dengan Farmers Rights. Secara umum upaya mencapai konsensus terhadap berbagai usulan kegiatan berjalan dengan alot, karena bertemunya beragam kepentingan yang terkadang saling bertentangan. Indonesia perlu menata dengan baik kesiapannya untuk dapat memanfaatkan forum ini bagi pengembangan kegiatan pertanian Indonesia.

Rwanda2Pada sesi side event dari kegiatan Farmers Rights Kepala Pusat bertindak sebagai satu pembicara, dengan menyampaikan paparan tentang Indonesia’s Experiences on Implementing Farmers’ Rights. Dalam paparannya Kepala Pusat menyampaikan berbagai hal terkait dengan regulasi serta program pemerintah yang mendukung pengembangan farmers rights.

Banyak pembelajaran berharga dari kegiatan ini utamanya adalah terlihatnya tentang perlunya menata koordinasi di tingkat nasional terhadap berbagai konvensi internasional yang terkait dengan plasma nutfah dan upaya memaksimalkan manfaatnya bagi pengembangan ekonomi nasional.