KEMENTAN BERI APRESIASI KEPADA PEMULIA

Apresiasi PVT 2017 Malang

Dalam rangka refleksi 17 tahun pemberlakuan Undang-Undang No 29 Tahun 2000 tentang Perlindungan Varietas Tanaman (PVT), Kementerian Pertanian bersama Universitas Brawijaya (UB), menyelenggarakan acara Perlindungan Varietas Tanaman Goes To Campus. Rangkaian acara yang dilaksanakan tanggal 5-6 Desember 2017 itu,  terdiri dari beragam kegiatan, diantaranya Diskusi Publik tentang refleksi 17 tahun Undang-undang PVT,  dan Dialog  Pengembangan Plasma Nutfah dan Varietas Lokal Indonesia, serta pemberian apresiasi kepada pemulia dan para pihak yang telah berperan dalam pelestarian plasma nutfah dan varietas lokal Indonesia.

Dalam acara yang mengambil tema “Pengembangan Varietas Lokal Dalam Rangka Peningkatan Daya Saing Komoditas Pertanian”, diberikan apresiasi dan penghargaan kepada para pihak yang telah melakukan pelestarian plasma nutfah, pengembangan Varietas lokal, perlindungan varietas tanaman dan penghargaan khusus untuk petani yang melakukan kegiatan pemuliaan. Khusus untuk apresiasi  perlindungan varietas tanaman, pemberian penghargaan ini merupakan inisiasi awal untuk kembali menghidupkan penghargaan yang pernah ada yaitu Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa (AKIL), yang diberikan bersamaan dengan penghasil Paten dan hak kekakayan intelektual lainnya.

Dalam sambutan tertulis Menteri Pertanian dalam acara ini, yang dibacakan oleh Kepala Badan Litbang Pertanian, dinyatakan bahwa Kementerian Pertanian sangat mengapresiasi kerjasama yang dilakukan antara Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian dan Universitas Brawijaya, dalam memasyarakatkan upaya perlindungan varietas tanaman, termasuk pemberian penghargaan kepada para pihak yang telah berjasa dalam kegiatan pelestarian plasma nutfah dan varietas lokal serta  kegiatan pemuliaan. Menurut Menteri Pertanian “Adanya penghargaan kepada petani pemulia dan NGO merupakan terobosan yang sangat baik, dalam upaya kita memberikan kesempatan yang sama kepada semua anak bangsa dalam mendarmabaktikan karyanya bagi kemajuan pertanian Indonesia”.

Lebih lanjut Menteri Pertanian menyatakan bahwa “pemberian Apresiasi kepada dunia usaha sebagai bentuk penghargaan pemerintah terhadap peran dunia usaha dalam pembangunan pertanian”. Hal ini menjadi penting mengingat perakitan varetas unggul di Indonesia saat ini sudah semakin banyak yang dilakukan oleh Dunia Usaha. Ke depan  diharapkan kerjasama yang semakin kuat antara lembaga penelitian pemerintah dan dunia usaha, dalam merakit dan menghasilkan varietas unggul yang dibutuhkan pasar.

Pemenang Apresiasi PVT 2017

NO KATEGORI PEMENANG
1. Perlindungan Varietas Tanaman (Perusahaan Benih Nasional/Multinasional) PT. East West Seed Indonesia
2. Perlindungan Varietas Tanaman (Lembaga Penelitian ) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian
3. Perlindungan Varietas Tanaman  (Perguruan Tinggi) Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman,
4. Pendaftaran Varietas Tanaman (Perusahaan Benih Nasional/Multinasional) PT. East West Seed Indonesia
5. Pendaftaran Varietas Tanaman (Lembaga Penelitian) Pusat Penelitian Kopi dan Kakao
6. Pendaftaran Varietas Tanaman (Perguruan Tinggi) Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran
7. Pendaftaran Varietas Tanaman (Pemerintah Kabupaten Provinsi) Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Jawa Tengah- Dinas Pertanian dan Perkebunan
8. Pendaftaran Varietas Tanaman (Pemerintah Kabupaten/Kota) Dinas Kabupaten Karo
9. Pemulia Tanaman (Pemulia Perseorangan) Sumanah
10. Pemulia Tanaman (Petani Pemulia) Darmin
11. Pemulia Tanaman (Petani Pemulia) Sundari