KOORDINASI TEKNIS PERMOHONAN HAK PERLINDUNGAN VARIETAS TANAMAN (PVT)

Kortek NTB

Dalam rangka meningkatkan kepedulian dan kesadaran serta minat masyarakat terhadap perlindungan varietas tanaman juga  memberikan pemahaman tentang syarat dan tatacara permohonan hak PVT, maka pada tanggal 29 Agustus 2017, Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PVTPP) menyelenggarakan kegiatan Koordinasi Teknis Permohonan Hak PVT di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Peserta yang hadir untuk mengikuti Koordinasi Teknis Permohonan Hak PVT kurang lebih sebanyak 70 (tujuh puluh) orang yang terdiri dari staff Dinas Pertanian dan Kehutanan Propinsi NTB, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi NTB, BPSB Propinsi NTB, Komda SDG, Fakultas Pertanian Universitas Mataran dan para peneliti/pemulia bidang tanaman di Provinsi NTB.

Kortek PVT NTBMateri yang dibahas dalam kegiatan ini adalah: 1) Perkembangan Pertanian di Propinsi NTB yang disampaikan oleh Ir. Husnul Fauzi, M.Si (Kepala Dinas Pertanian dan Kegutanan Propinsi NTB); 2) Peranan BPTP Propinsi NTB dalam Perlindungan Varietas Tanaman yang disampaikan oleh Dr.Ir. M. Soleh Mokhtar, M.Si. (Kepala BPTP Propinsi NTB); 3) Peranan BPSB dalam Pengawasan Perbenihan Tanaman di Porpinsi NTB yang disampaikan oleh Ir. Hj. Siti Rohaeni (Fungsional Pengawas Benih Tanaman); 4) Perlindungan Varietas Tanaman yang  disampaikan oleh Ir. Warsidi (Fungsional Madya Pemeriksa PVT); dan 5) Prosedur dan Tatacara Permohonan Hak PVT yang disampaikan oleh Ir. Ewin Suib, MM (Kepala Bidang PVT).

 

Kegiatan Koordinasi Teknis Permohonan Hak PVT dapat dilakasanakan secara berkala dan terus menerus kepada masyarakat khususnya para pemilik varietas di  seluruh wilayah Indonesia sehingga jumlah permohonan hak PVT dan varietas yang dilindungi dapat terus meningkat.