Mengikuti Training For Plant Variety Protection and DUS Testing di Korea

Training ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas dari para Pemeriksa PVT tentang Perlindungan Varietas Tanaman dan Pemeriksaan Substantif (Uji BUSS). Selain peserta dari Indonesia, acara yang diadakan di Seoul-Incheon,18 Mei-7 Juni 2015 ini diikuti oleh 15 peserta dari 8 negara. Pada acara tersebut Indonesia mengugaskan 2 orang peserta masing-masing adalah Pemeriksa PVT dan calon Pemeriksa PVT.

Beberapa materi yang disampaikan dalam pelatihan ini meliputi: Uji BUSS untuk tanaman Jagung, Kentang, Mawar, Gandum, Cabai, dan Phalaenopsis (anggrek). Selain itu para peserta pelatihan juga mendapatkan informasi seputar Perkembangan PVT di Korea, UPOV dan Konvensi Internasional, Uji BUSS untuk varietas baru, penyusunan Test Guidelines (Panduan Pelaksanaan Uji BUSS), Pengujian Penyakit pada Benih dan Bibit Tanaman serta Identifikasi Varietas dengan DNA Makers.

Melalui kegiatan ini diharapkan kapasitas SDM Pusat PVTPP khususnya yang menyelenggarakan pelayanan perlindungan varietas tanaman dapat bekerja dengan lebih handal dan profesional.