PELESTARIAN VARIETAS LOKAL MASYARAKAT ADAT KASEPUHAN SINAR RESMI

IMG-20170725-WA0067

PRESS RELEASE

Sukabumi – Kasepuhan Adat Sinar Resmi adalah salah satu dari tiga Kasepuhan di Desa Sinar Resmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang juga merupakan salah satu dari sebelas Kasepuhan di wilayah Banten Selatan yang mencakup Sukabumi, Bogor, dan Lebak. Luas Desa Sirna Resmi memiliki luas 4.917 hektar, dengan luas hutan 2.950 hektar dan luas lahan pertanian 275 hektar. Kasepuhan Sinar Resmi merupakan kasepuhan yang relatif modern dan aktif berinteraksi dengan Pemerintah dan masyarakat luar namun tetap memegang aturan dan kedaulatan adat.

Adalah Abah Asep Nugraha sebagai ketua adat ke-11 Kasepuhan Sinar Resmi yang memiliki peranan sentral dalam memelihara aturan dan kedaulatan adat, termasuk dalam kehidupan rakyat/pengikutnya dimana aktivitas ekonomi, sosial, serta mata pencahariannya bertumpu pada budidaya padi, dimana terdapat 68 varietas padi lokal yang masih ada di Kasepuhan Sinar Resmi. Beliau juga berperan dalam memelihara tradisi yang penuh dengan kearifan lokal yang membawa dampak nyata terhadap ketahanan pangan maupun lingkungan di Kasepuhan Sinar Resmi sehingga tidak pernah terjadi kerawanan pangan.

Atas konsistensi Abah Asep dalam menjaga adat dan tradisi ini, beliau telah dianugerahi penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara kategori Pemangku Ketahanan Pangan pada tahun 2016 oleh Presiden RI, Joko Widodo. Dengan penghargaan ini, beliau berharap masa depan pertanian khususnya padi di wilayah Kasepuhan Sinar Resmi jelas identitas milik Kasepuhan dan ketersediaan lahan yang cukup untuk pengembangan budidaya dengan cara mendaftarkan varietas padi lokal yang dimiliki masyarakat Kasepuhan agar terjamin keaslian dan keamanannya serta dapat memberikan manfaat yang lebih luas lagi kepada masyarakat.

Sehubungan dengan hal tersebut, Pusat Perlindungan Varietas Tananam dan Perizinan Pertanian (Pusat PVTPP) dan Badan Ketahanan Pangan berkoordinasi dengan Abah Asep untuk pendampingan pada proses pengajuan pendaftaran varietas lokal. Pusat PVTPP telah mendampingi Abah Asep sejak bulan Februari 2017 untuk melakukan pendeskripsian varietas padi lokal tersebut bersama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi. Dari hasil pendampingan dan 68 varietas padi lokal yang ada di Kasepuhan, 15 varietas padi telah berhasil disusun deskripsinya dan telah diajukan ke Pusat PVTPP. Setelah dilakukan verifikasi administrasi dan lapang, maka Pusat PVTPP mengeluarkan 15 Tanda Daftar Varietas Padi Lokal yang diberikan kepada Bupati Sukabumi, Drs. H. Marwan Hamami, M.M., atas nama Masyarakat Adat Kasepuhan Sinar Resmi. Pemberian Tanda Daftar ini bertepatan dengan perayaan ulang tahun Kasepuhan Sinar Resmi ke-438 di Desa Sirna Resmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada hari Selasa (25/07/2017).