Pemasyarakatan Perlindungan Varietas Tanaman

Pemasyarakatan 20151

Acara Pemasyarakatan Perlindungan Varietas Tanaman bagi Kalangan Perguruan Tinggi diselenggarakan pada tanggal 27 Agustus 2015 bertempat di Ruang Rapat Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Malang, diikuti oleh 40 (empat puluh) orang peserta yang mewakili perguruan tinggi di Malang.

Kegiatan Pemasyarakatan Perlindungnan Varietas Tanaman ini dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS. Tujuan Pemasyarakatan PVT ke perguruan tinggi ini adalah memberikan pemahaman arti penting PVT serta apa persyaratan dan bagaimana permohonan Hak PVT bagi kalangan perguruan tinggi, terutama para dosen ilmu pemuliaan perguruan tinggi yang ada di Malang, Jawa Timur.

Perguruan tinggi merupakan salah satu penghasil varietas tanaman, hal ini terbukti sudah 31 varietas tanaman yang diberi PVT yang berasal dari perguruan tinggi. Namun dari sekian banyak perguruan tinggi yang ada di Indonesia, baru 3 perguruan tinggi yang memperolah sertifikat Hak PVT, sehingga perlu upaya-upaya untuk memberikan pehaman tentang pentingnya PVT bagi kalangan perguruan tinggi di Indonesia.