PROGRES TENGAH TAHUN PUSAT PVTPP

Setjen 20 Juni 2017

Jakarta – Untuk memonitor dan mengevaluasi kinerja kerja satu semester 2017, Pusat PVTPP melaksanakan “Monitoring dan Evaluasi Tengah Tahun 2017” di Kantor Pusat PVTPP, Selasa (20/06/2017) yang dihadiri oleh Sekretaris Jenderal, Kementerian Pertanian, Ir. Hari Priyono, M.Si  serta seluruh pegawai Pusat PVTPP.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Erizal Jamal, Kepala Pusat PVTPP,menyampaikan hasil pencapaian target danevaluasi, kegiatan yang telah dilaksanakan dan dinamikanya serta rencana kedepan Pusat PVTPP. Hasil kinerja tengah tahun Pusat PVTPP dapat dilihat dari pencapaian target kinerja yang telah capai serta tingkat kepuasan pengguna layanan Pusat PVTPP baik untuk layanan perlindungan varietas tanaman, pendaftaran varietas tanaman, serta perizinan pertanian. Dengan monitoring dan evaluasi kinerja tengah tahun ini adalah selain untuk melaporkan hasil kinerja Pusat PVTPP serta untuk mengukur seberapa baik kinerja Pusat PVTPP, memperbaiki kinerja serta perencanaan kegiatan yang lebih baik.

Dari hasil paparan yang disampaikan oleh Kepala Pusat PVTPP, Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian mengapresiasi kinerja Pusat PVTPP yang dinilai telah banyak melakukan perubahan diberbagai aspek khususnya pelayanan publik, seperti alih fungsi loket menjadi ruang konsultasi dan perubahan layanan manual menjadi online. Selain itu,Pusat PVTPP sebagai unit pelayanan publik yang mengeluarkan surat perizinan di lingkup Kementerian Pertanian, maka melekat pula fungsi pengawasan terhadap surat izin yang dikeluarkan. Sekjen menegaskan bahwa bentuk pengawasan sebaiknya mampu memberikan perlindungan terhadap konsumen khususnya petani sebagai bentuk tanggung jawab dari sarana pertanian yang mendapatkan perizinan.

Untuk melakukan pengawasan maka perlu dilakukan koordinasi dengan berbagai pihak baik secara internal Kementerian Pertanian maupun eksternal seperti Pemda, PerguruanTinggi dan Bareskrim Polri.Pengawasan ini merupakan upaya membangun pola monitoring evaluasi bersama serta system pelaporan dari para stakeholder secara berkala dan sistematis.

Sekjen juga menegaskan bahwa SDM yang berkualitas memegang peranan penting dalam pelaksanaan kegiatan dan pencapaian target serta antisipasi menghadapi berbagai tantangan implementasi kegiatan perlindungan varietas tanaman, pendaftaran varietas serta perizinan pertanian. Maka, pengembangan SDM merupakan kunci strategis dari pelaksanaan kegiatan Pusat PVTPP sehingga perlu dilakukan beberapa upaya seperti TOT, workshop, in house training dan lain sebagainya.