Promosi Pelayanan Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Pada Pameran Jakarta Food Security Summit 2015

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia menyelenggarakan event Jakarta Food Security Summit (JFSS) setiap dua tahun sekali dengan tujuan mendorong peningkatan produksi pangan nasional dan mewujudkan komitmen menjadi negara yang mandiri dan berdaulat dalam penyedia pangan sekaligus sebagai pemasok pangan dunia.

Pada tahun 2015 ini, Kadin kembali menggelar JFSS yang ke-3 di Jakarta Convention Center pada tanggal 12 – 14 Februari 2015 dengan serangkaian kegiatan Seminar dan Pameran Pangan Nasional. JFSS ke-3 mengusung tema “Pemberdayaan Petani, Peternak, Petambak dan Nelayan melalui Wadah Koperasi untuk Mencapai Ketahanan Pangan”, tema ini selaras dengan program besar Kementerian Pertanian untuk mencapai Swasembada Pangan (Padi, Jagung, dan Kedelai) dalam waktu tiga tahun kedepan. Kegiatan ini cukup penting dan strategis karena melibatkan pemangku kepentingan dari Pemerintah, Pelaku Usaha, Perguruan Tinggi, Para Pakar, Asosiasi, Pengurus KADIN, Petani dan keikutsertaan badan/lembaga luar negeri yang berkaitan dengan pertanian, perindustrian, perdagangan dan perekonomian juga turut meramaikan JFSS. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo membuka acara tersebut dan berdialog langsung dengan petani dan hasil dari JFSS 2015 diharapkan menghasilkan masukan dan rekomendasi serta langkah strategis Pemerintah dan Para pelaku usaha untuk mewujudkan kedaulatan pangan negara Indonesia.

Pusat PVTPP yang tergabung dengan Eselon I lingkup Kementerian Pertanian berpartisipasi pada Pameran Pangan Nasionalini dan mendapatkan penghargaan Stand Terbaik. Peran serta Pusat PVTPP pada setiap event besar seperti ini tidak lain untuk ajang promosi pelayanan perlindungan varietas tanaman dan perizinan pertanian. Karena suatu negara akan maju apabila ditunjang oleh pelayanan publik yang memadai dan prima, untuk itu Pusat PVTPP akan terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada semua lapisan masyarakat, dan terus melakukan penyebaran informasi arti penting kepemilikan kepastian hukum bagi dunia usaha, khususnya bidang PVT dan PP.

Pusat PVTPP sebagai unit kerja pelayanan publik di bidang perlindungan varietas tanaman dan perizinan pertanian menampilkan varietas-varietas unggul yang telah mendapatkan sertifikat Hak PVT, varietas lokal dan hasil pemuliaan yang telah terdaftar. Dengan demikian masyarakat khususnya petani dapat memiliki akses informasi yang lebih uas mengenai varietas-varietas unggul yang dapat digunakan. Selain itu, Pusat PVTPP juga membuka on-site service dan konsultasi tentang sistem pelayanan perizinan pertanian yang dapat diakses secara online oleh masyarakat sehingga pelayanan perizinan semakin cepat, tepat efektif, efisien serta transparan.