Public Hearing Peraturan Menteri Pertanian Secara Elektronik

Publik hearing

Bogor – Seiiring dengan perkembangan layanan sistem online perizinan pertanian dan layanan publik lainnya di lingkup Kementerian Pertanian, maka dipandang perlu untuk merevisi Permentan No. 117/Permentan/HK.300/11/2013 tentang Pelayanan Perizinan Pertanian Secara Online untuk meningkatkan pelayanan perizinan yang efektif, efesien dan transparan di lingkungan Kementerian Pertanian.

Pusat PVTPP bersama dengan Biro Hukum, Kementerian Pertanian menyelenggarakan public hearing draft Peraturan Menteri Pertanian tentang Pelayanan Perizinan Pertanian Secara Elektronik, 24 Februari 2017. Bertempat di Hotel Royal Bogor, Kepala Pusat PVTPP Erizal Jamal membuka  Public Hearing yang di hadiri oleh para stakeholder, Biro hukum Kementan, Ditjen teknis terkait, Konsultan PVT. Public hearing mengharapkan masukan dari peserta guna kepentingan bersama dengan harapan agar pelayanan Pusat PVPP dapat memberikan pelayanan publik secara cepat, tepat, akurat, akuntabel dan aman.
Beberapa hal yang diatur seperti penggunaan QR-Code dan Tanda Tangan Digital sebagai keabsahan dokumen dan tidak meggunakan tanda tangan basah, pemohon dimudahkan dengan tidak perlu datang ke Pusat PVTPP untuk menunjukkan dokumen asli dengan adanya klausul surat pernyataan tentang kebenaran dokumen dengan materai, serta layanan elektronik yang mencakup 27 jenis layanan baik Perlindungan Varietas Tanaman, Pendaftaran Varietas Tanaman, Pendaftaran Varietas Hortikultura, serta Perizinan bidang pupuk dan pestisida, benih dan SDG Tanaman, dan Peternakan.
Tercatat sekitar 13 critical point yang dicatat oleh Biro Hukum, dimana semua saran dan masukan dari peserta Public Hearing untuk perbaikan draft peraturan tersebut sebelum diundang-undangkannya peraturan ini.