PUSAT PVTPP MENUJU ISO 9001: 2008

WhatsApp Image 2017-10-11 at 16.49.39

Mutu dan keandalan pelayanan publik akan diakui oleh semua pihak yang berkepentingan apabila layanan tersebut sesuai dengan standar yang diinginkan oleh pengguna layanan. Standar Sistem Manajemen Mutu mempunyai peran yang penting dalam kegiatan pelayanan publik untuk menetapkan kualitas di suatu institusi pemerintah perlu dilakukan langkah-langkah nyata dalam penerapan standar sistem manajemen mutu.

Pusat PVTPP merupakan front liners pelayanan publik di Kementerian Pertanian yang memberikan pelayanan di bidang perlindungan dan pendaftaran varietas tanaman serta perizinan pertanian. Sebagai UKPP yang terus dimonitor oleh pengguna layanan dan institusi pengawas pelayanan publik seperti Ombusdman, Kementerian PAN dan RB, KPK dan internal unit seperti Inspektorat Jenderal telah mengembangkan dan menerapkan sistem manajemen mutu sejak tahun 2016.

Untuk memperoleh sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008, Pusat PVTPP mengundang konsultan sertifikasi PT. Tafa Sertifikasi Internasional pada audit eksternal pada tanggal 9 Oktober 2017 bertempat di Kantor Pusat PVTPP. Hal ini merupakan upaya untuk perubahan perilaku dan cara kerja menjadi lebih baik dan sistematis dan memberikan pelayanan yang berstandar internasional, seperti yang disampaikan oleh Prof. Erizal Jamal, Kepala Pusat PVTPP pada pembukaan audit eksternal.

Beliau menambahkan Sertifikasi ISO di Pusat PVTPP sebagai alat tertib untuk mencatat yang dikerjakan dan mencatat yang dikerjakan serta terlihat perbedaan yang lebih baik sebelum dan sesudah mendapatkan sertifikasi.

Tahap sertifikasi ISO dibagi menjadi tiga tahap audit, pertama adalah audit dokumen, yang ke-2 adalah audit melalui metode tatap muka dan sampling yang memungkinkan adanya temuan baik mayor maupun minor, serta audit tahap 3 adalah validasi perbaikan hasil temuan audit sebelumnya.

 

Diharapkan Pusat PVTPP dapat memperoleh sertifikat ISO 9001:2008 pada bulan November 2017 dan semakin meningkatkan performa pelayanan publik kepada masyarakat.