Pusat PVTPP Selenggarakan Knowledge Sharing Seminar PVT

seminar1

Pusat PVTPP menyelenggarakan knowledge sharing seminar dengan tajuk “Perkembangan Perlindungan Varietas Tanaman (PVT) di Indonesia dan di Negara Lain” pada Jumat hingga Sabtu (19&20/1/2018). Pada acara yang digelar di Puslitbangbun Bogor ini, dari kalangan internal Pysat PVTPP, hadir 11 orang Pemeriksa PVT dan jajaran Kabid serta Kasubid Bidang Perlindungan Varietas Tanaman dan Pendaftaran Varietas Tanaman. Selain itu, hadir pula Kepala BPATP, Dr. Ir. Retno Sri Hartati Mulyandari, M.Si., dan perwakilan dari Biro Hukum (Aji Kurnia Dermawan, S.H.) serta Biro KLN (R. Fitri).

Seminar ini digelar dengan tujuan meningkatkan pemahaman tentang perkembangan sistem PVT di Indonesia dan membagikan hasil pelatihan serta pertemuan di beberapa negara yang memiliki sistem PVT yang diharapkan dapat menjadi rekomendasi untuk memajukan pengelolaan PVT di Indonesia. Pada sesi pertama, Kepala Pusat PVTPP, Prof. Erizal Jamal, memberikan materi dengan judul Breeder’s Rights and Farmer’s Rights yang merupakan hasil dari keikutsertaan beliau pada pertemuan Governing Body Meeting yang ke-tujuh dari The International Treaty on Plant Genetic Resources for Food and Agriculture (ITPGRFA) di  Kigali, Rwanda. Menyusul kemudian adalah pemaparan dari tiga Pemeriksa PVT Muda, yaitu:

  1. Nina Agusti Widaningsih, S.P., M.P. tentang Hak Kekayaan Intelektual dan Pengelolaan Sumber Daya Genetik yang mengelaborasi ilmu yang diperolehnya selama mengikuti Advanced International Training Programme on Intellectual Property and Genetic Resources – in Support of Innovation di Swedia dan Swiss pada bulan November – Desember 2017.
  2. Very Andriani, S.P., M.P. tentang Sistem PVT di UPOV member dan non UPOV member countries sebagai hasil dari mengikuti International Course Plant Variety Protection di Wageningen, Belanda pada bulan Juni 2017.
  3. Nurdini Khadijah, S.P., M.P. tentang Permohonan Hak PVT di Luar Negeri, yang merupakan studi kasus permohonan Hak PVT Bunga Lipstik Soedjana Kassan (hasil penelitian Dr. Sri Rahayu dari LIPI) di Belanda.

Seminar ini ditutup dengan presentasi oleh Indirawati Sintya Dewi, S.S., M.A., Kepala Subbagian Kerja Sama dan Publikasi, dengan materi tentang Perkembangan Negara Anggota EAPVP Forum sebagai hasil keikutsertaan pada pertemuan EAPVP Forum ke-9 di Myanmar pada bulan September 2017.

Melalui seminar ini, diharapkan informasi mengenai perkembangan pelaksanaan PVT di Indonesia dan negara-negara lain dapat tersebar secara lebih luas. Lebih jauh lagi, dari hasil diskusi yang cukup intens di antara peserta seminar, diperoleh beberapa masukan yang berharga dari pengalaman negara-negara lain dalam mengelola sistem PVT. Hal-hal tersebut berguna sebagai bahan meningkatkan implementasi PVT di Indonesia, khususnya oleh Pusat PVTPP, sehingga diharapkan PVT di Indonesia akan dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat Indonesia.

Note: Materi Seminar Dapat di Download pada Link Berikut ini  : Klik Disini