PUSAT PVTPP TURUT SERTA MERIAHKAN PAMERAN HARI PANGAN SEDUNIA TAHUN 2017

HPS2

Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) XXXVII Tahun 2017 dan Pengembangan Lumbung Pangan di Perbatasan diselenggarakan pada tanggal 19-22 Oktober 2017 di Makodam XII Tanjung Pura, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat dengan salah satu rangkaian kegiatan yang digelar adalah pameran indoor dan outdoor. Pada pameran indoor, sekitar 200 stand dari Kementerian/lembaga, pemerintah daerah, organisasi internasional, dan swasta menampilkan kemajuan pembangunan di bidang pangan (pemerintah dan swasta), bazaar murah, wisata edukasi, demo masak, dan aneka lomba. Sementara itu, pada pameran outdoor, pengunjung dapat menyaksikan display pertanaman dengan metode hidroponik dan alat mesin pertanian prapanen sampai pascapanen.

Pusat PVTPP turut berpartisipasi pada kegiatan pameran tersebut sebagai bagian dari paviliun Kementerian Pertanian dengan menampilkan materi yang meliputi berbagai bahan publikasi dan promosi mengenai layanan Perlindungan Varietas Tanaman, Pendaftaran Varietas Tanaman serta Perizinan Pertanian, antara lain informasi cetak (leaflet, poster, majalah) dan visual (videografis profil layanan dan visualisasi pelayanan perizinan online), produk segar, benih, dan bibit dari varietas-varietas unggul yang telah terdaftar di Pusat PVTPP maupun telah mendapatkan sertifikat Hak PVT. Untuk lebih menarik minat pengunjung, Pusat PVTPP juga mengadakan icip-icip varietas lokal yang telah terdaftar (mangga Gedong Gincu dari Majalengka, teh Tambi dari Wonosobo) dan foto dengan berbagai tagline yang mengajak masyarakat, terutama generasi muda, untuk bangga dan suka bertani serta mencintai kekayaan plasma nutfah Indonesia.

Masyarakat, terutama generasi muda, terlihat antusias mengunjungi stand Pusat PVTPP, terlihat dari kunjungan yang terus mengalir, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan terkait pelayanan dan display yang dipajang, serta minat untuk berfoto di stand Pusat PVTPP sambil mencicipi rasa buah dan minuman teh yang merupakan varietas lokal unggulan yang  terdaftar di Pusat PVTPP.

Pada event ini, untuk ke-sekian kalinya Kementerian Pertanian mendapatkan  Juara I Kategori Pemerintah. Yang membanggakan lagi, Pusat PVTPP dipilih oleh penyelenggara sebagai stand Eselon 2 Kementerian yang dinilai konsisten dalam menjaga performanya hingga saat penutupan acara dengan mendapatkan grand doorprize perjalanan Pontianak-Singkawang.