Sosialisasi Pendaftaran Varietas Tanaman

sosialisasi pendaftrn Kalsel1

Kegiatan sosialisasi Pendaftaran Varietas Tanaman dilaksanakan di Kalimantan Selatan dipimpin oleh Plt. Kepala Pusat PVTPP dan dihadiri oleh Kepala Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Prov. Kalimantan Selatan serta 53 peserta perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten/Kota lingkup provinsi Kalimantan Selatan, Faperta Universitas Lambung Mangkurat, Komite Sumber Daya Genetik, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalsel, SPP- SPMA dan Balai Penelitian Rawa.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih menyampaikan bahwa BPSB berperan dalam pendaftaran varietas tanaman melalui kegiatan inventarisasi/eksplorasi varietas lokal, membantu pemohon dalam mendeskripsi, melakukan uji keunggulan dan uji kebenaran varietas. Program nyata dari BPSB dalam pengelolaan koleksi plasma nuftah antara lain :

  1. Pembangunan kebun raya yang mengembangkan koleksi varietas lokal dan duplikat varietas yang sudah dirilis
  2. Penyusunan buku profil penangkar untuk mempermudah mendapatkan informasi benih tanaman
  3. Rencana kerjasama dengan BB Biogen untuk penyimpanan DNA plasma nuftah di Provinsi Kalimantan Selatan

Sosialisasi Pendaftrn Kalsel2Dari hasil kegiatan sosialisasi pendaftaran varietas dapat diperoleh bahwa Provinsi Kalimantan Selatan memiliki beberapa varietas lokal potensial yang belum didaftarkan, sehingga kantor pusat PVTPP akan terus mendorong pemerintah daerah untuk segera mendaftarkan varietas tersebut melalui workshop mengenai pengisian formulir pendaftaran varietas tanaman dan teknik fotografi untuk memberikan pemahaman yang sama bagi para peserta sosialisasi. Pusat PVTPP akan segera menyusun pedoman penyusunan deskripsi pendaftaran varietas dan secara aktif melakukan koordinasi teknis dengan instansi terkait dalam rangka pendaftaran varietas tanaman untuk melindungi plasma nuftah yang ada di Indonesia sebagai amanat Undang undang Nomor 29 Tahun 2000.