BUPATI BANJAR EKSPOSE VARIETAS LOKAL DURIAN BANJAR di PUSAT PVTPP

BUPATI BANJAR EKSPOSE VARIETAS LOKAL DURIAN BANJAR di PUSAT PVTPP

Provinsi Kalimantan Selatan menyimpan banyak kekayaan alam yang bernilai ekonomi tinggi, salah satunya adalah buah durian dengan ratusan nama. Tanaman durian bisa ditemui di hampir semua wilayah Kalimantan Selatan. Salah satu Daerah yang merupakan sentra buah durian adalah Kabupaten Banjar. Kabupaten Banjar merupakan salah satu kabupaten terluas di Kalimantan Selatan (471.097 ha atau 12,55% dari luas Kalsel).

Provinsi Kalimantan Selatan sendiri sudah mendaftarkan 52 varietas lokal di Pusat PVTPP, sedangkan dari Kabupaten Banjar sendiri sudah 6 varietas yang terdaftar yaitu untuk durian, jeruk, dan padi.

Sehubungan dengan Hari Jadi Kabupaten Banjar ke-68 yang akan dirayakan pada tanggal 14 Agustus 2018 mendatang, Kabupaten Banjar kembali mendaftarkan 8 varietas lokal Durian. Pada kesempatan tersebut, Bupati Banjar H. Khalilurahman bersama dengan tim dari Dinas Pertanian,BPSB dan BPTP mengunjungi Kantor Pusat PVTPP dalam rangka Expose Pendaftaran Varietas Durian Kabupaten Banjar. 8 varietas lokal durian yang sedang dalam proses didaftarkan mempunyai karakteristik yang cukup unik dan hanya dapat ditemukan di Banjar.

Rombongan yang diterima langsung oleh Kepala Pusat PVTPP, Prof. Dr. Ir. Erizal Jamal, mengapresiasi kunjungan Bapak Bupati Banjar, yang sangat concern dan memimpin langsung kegiatan pelestarian serta promosi varietas lokal dari Kabupaten Banjar yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten Banjar. Pendaftaran varietas lokal ini merupakan langkah awal pengembangan varietas lokal yang diharapkan kedepannya dapat dilepas menjadi varietas unggul untuk peningkatan ekonomi daerah. Kabupaten Banjar bisa menjadi daerah percontohan bagi daerah lain yang telah memiliki kebun durian di Desa Biih yang menjadi tujuan wisata masyarakat sekitar. Contoh-contoh seperti ini lah yang bisa ditiru daerah lain untuk pengembangan varietas lokal di daerah lain.

8 varietas durian yang sedang didaftarkan diharapkan dapat selesai untuk diproses dan tanda daftar varietas lokal tersebut dapat diserahkan pada Hari Jadi Kabupaten Banjar tanggal 14 Agustus 2018 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *