Enam Kabupaten di Jawa Timur Terima Tanda Daftar Varietas Lokal

Enam Kabupaten di Jawa Timur Terima Tanda Daftar Varietas Lokal

Penyerahan tanda daftar varietas lokal sebanyak 6 varietas lingkup provinsi Jawa Timur dalam rangkaian kegiatan “Gelar Inovasi Teknologi Tanaman Pangan dan Hortikultura” dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2019 di Kediri, Jawa Timur. Penyerahan dilakukan oleh Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian, Prof. Dr. Erizal Jamal, MSi kepada Gubernur Jawa Timur, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. Varietas lokal yang telah terdaftar tersebut adalah Tebu Petung dari kabupaten Kediri, Padi Gogo Hitam cemani Pct dari Kabupaten Pacitan, Padi Petani Indonesia Maju dari Kabupaten Blitar, Padi Kalima dari Kabupaten Bondowoso, Durian Boneng A3 dari kabupaten Banyuwangi, dan Petai Alassalam dari kabupaten Jombang
Kegiatan gelar inovasi ini merupakan wadah pertemuan antara pemangku kepentingan, praktisi, produsen dan konsumen benih sebagai ajang pertukaran informasi perbenihan tanaman pangan sehingga teknologi tanaman pangan yang adaptif dan inovatif dapat tersosialisasi dengan baik. Selain itu misi edukasi pengenalan varietas lokal melalui penyerahan tanda daftar tersebut diatas dan varietas unggulan melalui peresmian varietas anggrek harmoni dapat tersampaikan kepada generasi muda mulai tingkat SMK sampai perguruan tinggi sebagai calon petani milenial yang akan meneruskan keberlangsungan varietas di Indonesia.
Provinsi Jawa Timur dengan potensi varietas lokalnya sebanyak 104 varietas yang terdaftar di Pusat PVTPP dan ditunjang dengan sinergi yang baik antara pemerintah daerah, BPTP, BPSB, dan perguruan tinggi diharapkan dapat menciptakan upaya nyata dalam pengelolaan dan pemanfaatan yang optimal sehingga dapat bernilai ekonomis bagi masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *