Evaluasi Pelaksanaan Perlindungan Varietas Tanaman 2010-2015 di Stasiun Pengujian BUSS Manoko, Lembang

Untuk mengetahui permasalahan dan alternatif solusi dalam rangka meningkatkan pelayanan PVT serta pengembangan sistem PVT pada masa mendatang, pada tanggal 29 Mei 2015 telah diselenggarakan “Evaluasi Pelaksanaan Perlindungan Varietas Tanaman” bertempat di Stasiun Pengujian BUSS Manoko, Lembang, Jawa Barat. Acara tersebut dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian dan diikuti oleh Komisi PVT, Komisi Banding PVT, Pusat Penelitian Badan Litbang Pertanian, Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat, Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Barat dan kalangan pengusaha benih.

Beberapa poin penting yang direkomendasikan dalam acara tersebut adalah pentingnya melakukan sinkronisasi peraturan-perundangan yang terkait dengan PVT untuk meningkatkan kinerja PVT di Indonesia, serta perlunya meningkatkan prasarana dan sarana pendukung pelayanan permohonan PVT sehingga kualitasnya sejajar dengan negara lain yang telah maju di bidang PVT.

Pada acara ini juga diserahkan 6 sertifikat Hak PVT, masing-masing 3 sertifikat untuk PT. BISI dan 3 sertifikat untuk Zespri Ltd, Selandia Baru, yang diserahkan kepada Konsultan PVT-nya, serta 3 Tanda Daftar Varietas hasil pemuliaan kepada Pusat Inovasi LIPI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *