Exit Meeting Survei Penilaian Integritas KPK dan BPS Tahun 2016 di Kementerian Pertanian

Exit Meeting Survei Penilaian Integritas KPK dan BPS Tahun 2016  di Kementerian Pertanian

KPK dan BPS telah melakukan Survey penilaian integritas di Kementerian Pertanian yang dimulai tanggal 11 November yang lalu. Jumlah responden yang ditetapkan oleh KPK dan BPS sebanyak 60 responden internal di Kementerian Pertanian dan 60 responden eksternal sebagai pengguna pelayanan perizinan benih tanaman.  Dari progress report yang disampaikan oleh Tim survey bahwa jumlah responden internal mencapai 100%. Namun untuk jumlah responden external baru sebnyak 45 responden atau sekitar 75%.

Untuk itu Tim survey dengan dibantu oleh Kementerian Pertanian mengirim survey melalui email kepada responden eksternal lainnya. Sampai saat ini baru 3 responden yang mengembalikan hasil survey dari 17 responden yang dikirim melalui email. Inspektorat Jenderal dan Direktorat Jenderal Perkebunan untuk menghimbau para stakeholder merespon survey tersebut. Survey akan ditutup sampai dengan tanggal 30 November 2016.

KPK dan BPS mengapresiasi Kementerian Pertanian yang meliputi Inspektorat Jenderal, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Direktorat Jenderal Perkebunan, Direktorat Jenderal Hortikultura dan Pusat PVTPP sehingga survey dapat berjalan dengan baik. Hasil survey diharapkan dapat diumumkan oleh KPK pada bulan Desember 2016. Seperti disampaikan sebelumnya hasil survey merupakan upaya pencegahan serta pemetaan tingkat integritas dari lembaga yang melakukan pelayanan publik, sehingga pada akhirnya hasil tersebut dapat dijadikan acuan perbaikan atau peningkatan integritas kementerian atau lembaga. Semoga hasil survey yang diperoleh mampu memperlihatkan integritas yang baik di Kementerian Pertanian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *