Inhouse Training Pengenalan Marka Molekuler : Langkah Awal Pusat PVTPP Mendeteksi Keotentikan Suatu Varietas Untuk Mencegah Biopiracy dan Duplikasi

Inhouse Training Pengenalan Marka Molekuler : Langkah Awal Pusat PVTPP  Mendeteksi Keotentikan Suatu Varietas Untuk Mencegah Biopiracy dan Duplikasi

Dalam upaya perlindungan varietas tanaman, Pusat PVTPP berupaya melengkapi komponen legalitas kepemilikan suatu varietas. Tanda Daftar Varietas yang saat ini diterbitkan oleh Pusat PVTPP tidak hanya cukup dilengkapi dengan deskripsi karakter morfologi dan foto morfologi. Status kepemilikan suatu varietas yang sudah terdaftar kedepan akan dilengkapi dengan marka molekuler. Hal ini untuk melindungi status kepemilikan dan mengantisipasi apabila suatu saat terjadi dispute antar wilayah ataupun menghindari biopiracy.
Kepala BBBIOGEN dalam sambutan pembukaannya menyampaikan apresiasinya kepada Pusat PVTPP yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dalam upaya melindungi sumberdaya genetic Indonesia. Sidik jari suatu varietas tanaman perlu dilakukan khususnya terhadap varietas lokal yang mempunyai nilai ekonomi tinggi dan/atau keberadaaan yang hamper punah. Sumberdaya genetik ini merupakan bahan dalam perakitan varietas unggul baru.
WhatsApp Image 2021-02-23 at 12.08.43  Magang/inhouse training pengenalan marka molekuler ini dalam upaya membekali sumberdaya manusia pada Kelompok Pendaftaran Varietas Tanaman, dengn tujuan meningkatkan pengetahuan biologi molekuler suatu varietas berdasarkan sifat genetiknya. Seperti diketahui bahwa varietas lokal mempunyai keragaman genetik yang sangat luas dan beragam. Hal ini yang membedakan antar varietas dari aspek fenotipiknya. Namun demikian performance fenotipik kadang belum signifikan mampu membedakan antar varietas. Marka molekuler merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk membedakan antar varietas berdasarkan karakter genotipiknya.
Magang/Inhouse training dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 15-16 Februari 2021 bertempat di Balai Besar Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian Bogor. Magang diawali dengan pengenalan alat laboratorium biologi molekuler, teori dasar analisis DNA, praktek di laboratorium dalam ekstraksi DNA, Amplifikasi DNA dengan Teknik Polymerase Chain Reaction, elektroforesis hingga analisis dan pengolahan data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *