Kebun Pemeriksaan Substantif PVT Manoko Lebih Produktif

Lembang, – Kepala Pusat PVTPP Prof.Dr.Ir. Erizal Jamal, M.Si pada Kunjungan dan Konsolidasi dengan Pegawai Kebun Pemeriksaan Substantif Perlindungan Varietas Tanaman, Manoko memberikan afirmasi positif bahwa pada Tahun 2022 Kebun Subtantif Manoko lebih produktif.

“Agar apa yg sudah dibangun di kebun Manoko dapat dipelihara dan lebih baik lagi. Kemudian adalah upaya segenap pihak untuk terus meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang ada, sehingga 2022 Kebun Manoko lebih baik dan produktif” terang Kapus, Kamis (20/1/2022)

Kebun pemeriksaan substantif manoko yang berlokasi di Kebun Percobaan Manoko, Lembang, Jawa Barat, merupakan Kebun pemeriksaan substantif pertama yang dimiliki oleh Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (Pusat PVTPP). Kebun pemeriksaan substantif manoko merupakan salah satu aset negara yang berada di bawah PPVTPP untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi dalam proses pelayanan permohonan Hak PVT. Kebun ini pertama kali dibangun pada tahun 2014 dengan luas lahan seluas 3,5 hektar dengan luas efektif sekitar 2 hektar. Pada tahun 2017 telah diperluas menjadi sekitar 6 ha dengan 5 ha lahan efektif. Lokasi kebun Manoko berada pada ketinggian tempat 1200 m dpl, karena itu stasiun pengujian ini memiliki karakteristik agroekosistem yang khusus untuk tanaman adaptif dataran tinggi.

Selain lahan penanaman pengujian BUSS, monitoring, penyusunan Panduan Pelaksanaan Uji BUSS (PP), dan koleksi, Kebun pemeriksaan substantif manoko juga dilengkapi dengan sarana pendukung lain yang terkait dengan sistem perlindungan varietas tanaman, seperti kantor, laboratorium pengujian benih, studio foto, rumah kaca, rumah jamur, ruang pengeringan benih, ruang rapat, ruang pengamatan, gudang, rumah kepala kebun, serta fasilitas pendukung kerja lainnya. Kebun Pemeriksaan Subtantif Manoko telah mengalami perkembangan yang signifikan sejak didirikan pada tahun 2014. Hingga kini di tahun 2022 telah melaksanakan uji BUSS sebanyak 25 Varietas.

Uji BUSS adalah pemeriksaan terhadap varietas tanaman yang dimohonkan untuk mendapatkan hak PVT, meliputi sifat kebaruan, keunikan, keseragaman, dan kestabilan (Baru, Unik, Seragam dan Stabil) atau BUSS) dengan menggunakan metode yang telah ditentukan dalam PPU.

Sesuai arahan Kapus PVTPP diatas, pada Tahun 2022 ini Kebun Manoko berfokus pada peningkatan profesionalitas sumberdaya manusia terutama untuk budidaya spesifik per jenis tanaman dan melakukan penanaman varietas lokal yang cocok dengan kondisi Manoko dan telah terdaftar melalui Pusat PVTPP (TK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *