KUNJUNGAN YUNNAN INSTITUTE OF SCIENCE AND TECHNOLOGY DEVELOPMENT CHINA KE PUSAT PVTPP

KUNJUNGAN YUNNAN INSTITUTE OF SCIENCE AND TECHNOLOGY DEVELOPMENT CHINA KE PUSAT PVTPP

Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (Pusat PVTPP) pada tanggal 25 Juli 2016 mendapat kunjungan dari Yunnan Institute of Science and Technology Development (Mr Wang Ze Hua, Ms Wan Yan, dan Mr Huang Ping) dan dari Kunming and Guandu District intellectual Property Office China (Mr Zhu Xiao Bing dan Mr Zhu Jia Fu) yang bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang implementasi Perlindungan Varietas Tanaman di Indonesia. Selain itu mereka juga mengunjungi Badan Karantina Pertanian dan Biro Kerjasama Luar Negeri.

Tim dari China tersebut diterima oleh Kepala Bidang PVT (Ir. Ewin Suib, M.M); Kepala Bagian Umum (Ir. Haryanto, M.S.), dan Kepala Subbagian Kerjasama dan Publikasi (Indirawati Sintya Dewi ,S.S., M.A.), Kepala Subbidang Pendaftaran Varietas Lokal dan Hasil Pemuliaan (Sri Susilowati, S.H.) dan wakil dari bidang perizinan pertanian. Materi tentang pengembangan padi hibrida oleh Yunnan Institute of Science and Technology Development dan potensi kerjasamanya disampaikan oleh Mr. Huang Ping sedangkan materi tentang Perkembangan PVT dan Syarat Pengajuan Permohonan hak PVT oleh Pihak Asing di Indonesia disampaikan oleh Sdr. KAF Zakki.

Yunnan Institute of Science and Technology Development merupakan lembaga penelitian di Provinsi Yunnan di China yang 90% wilayahnya merupakan daerah sentra pertanian, dan bekerjasama dengan pemerintah daerah serta perusahaan benih Yunnan Jinrui Seed Industry Co Ltd. Program kerja mereka adalah menghasilkan berbagai varietas padi hibrida dan hingga kini lebih dari 40 varietas telah mendapatkan hak PVT. Mereka juga memiliki petak percobaan di Pekanbaru, Provinsi Riau dan telah bekerjasama dengan Pemda Provinsi Sulawesi Utara untuk mempromosikan keunggulan padi hibrida yang mereka miliki. Kedepannya, akan ada potensi bahwa Yunnan Jinrui Seed Industry Co Ltd akan memohonkan perlindungan varietas tanaman untuk varietas padi hibrida yang dihasilkannya di Indonesia.

berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *