LANGKAH SINERGI PUSAT PVTPP DAN BBP2TP DALAM PERCEPAT PENDAFTARAN VARIETAS LOKAL

Dalam upaya mengevaluasi kegiatan percepatan pendaftaran varietas lokal melalui kerjasama dengan Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, Pusat PVTPP menggelar Evaluasi Percepatan Pendaftaran Varietas Lokal pada tanggal 4 Oktober 2019 bertempat di Hotel Santika Premier Surabaya.

Acara dibuka oleh Kepala Pusat PVTPP dan dihadiri oleh Kepala Balai Besar Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian (BB BIOGEN), Tim Percepatan Pendaftaran Varietas Lokal lingkup Pusat PVTPP dan BBP2TP, serta Penanggung Jawab SDG di BPTP seluruh Indonesia.
Tujuannya adalah melakukan evaluasi terhadap kegiatan kerjasama percepatan pendaftaran varietas lokal pada tahun 2019 terhadap aspek teknis dan administrasi serta kendala yang dihadapi di lapangan.
Dalam arahannya, Kepala Pusat menyampaikan apresiasi atas kerja nyata tim BPTP di daerah dalam proses pendaftaran varietas lokal yang secara signifikan mendongkrak jumlah pendaftaran varietas lokal pada tahun 2018 sehingga kerja sama ini dilanjutkan kembali pada tahun 2019.

Ke depannya tidak lagi jumlah pendaftaran varietas lokal yang dikejar, tapi lebih pada pemanfaatan varietas lokal bagi masyarakat di daerah.
Sebagai upaya pencapaian hasil evaluasi yang optimal, penanggung jawab SDG BPTP menyampaikan laporan kemajuan pendaftaran varietas lokal di masing-masing wilayah/daerahnya.
Secara umum, dari target yang ditetapkan, berdasarkan laporan diperoleh angka pencapaian output pendaftaran varietas lokal sebanyak 46%. Dari hasil diskusi, teridentifikasi hambatan pencapaian output antara lain lamanya proses penandatanganan formulir pendaftaran oleh kepala daerah, tidak sesuainya fase pertumbuhan tanaman yang diamati, khususnya untuk tanaman-tanaman tahunan.

Selain evaluasi terhadap kegiatan percepatan pendaftaran varietas lokal, juga disampaikan pemahaman mengenai : Riset SDG Balitbangtan Program Pemuliaan Melalui Bioteknologi oleh Kepala BB BIOGEN, Pengelolaan dan Pemanfaatan SDG Spesifik Lokasi oleh BBP2TP, Sidik Jari DNA dan Allele Mining untuk Perlindungan dan Pemanfaatan SDG Padi Lokal oleh Peneliti BB BIOGEN dan Training of Traineers Aplikasi pendaftaran varietas Tanaman Secara Online oleh Pusat PVTPP.

Dengan adanya evaluasi terhadap kegiatan percepatan pendaftaran varietas lokal tahun 2019 ini diharapkan dapat memperkuat komitmen Pusat PVTPP, BBP2TP dan BPTP dalam upaya percepatan pendaftaran varietas lokal hingga tersusunnya rencana strategis dalam pelaksanaan kegiatan percepatan pendaftaran varietas lokal berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *