Lima Varietas Baru Ini Resmi Dilindungi Negara

Lima Varietas Baru Ini Resmi Dilindungi Negara

Jakarta- Pusat PVTPP resmi menerbitkan 5 Sertifikat  PVT, kelima Sertifikat tersebut diberikan kepada pemilik varietas baru yang berhasil memenuhi seluruh rangkain pemeriksaan yang akhirnya dinyatakan memenuhi syarat baru, unik, seragam dan stabil (BUSS).

Lima varietas baru tersebut adalah cabai varietas Carvi Agrihorti (Balitbangtan), padi varietas Tropiko (BATAN), buncis varietas BU 9914 (PT. East West Seed Indonesia), jagung varietas P36 (Pioneer Overseas Corporation), dan jagung varietas Mira (PT. Agri Makmur Pertiwi).

Dengan diterbitkannya sertifikat Hak PVT maka varietas baru tersebut telah resmi mendapatkan perlindungan dari negara untuk melaksanakan Hak-nya sesuai UU 29 Tahun 2000 tentang Perlindungan Varietas Tanaman antara lain memproduksi atau mperbanyak benih, menyiapkan untuk tujuan  propagaasi, mengiklankan, menawarkan, menjual atau memperdagangkan, mengekspor, mengimpor, dan mencadangkannya.

Bagi pihak yang ingin melakukan kegiatan-kegiatan seperti tersebut diatas terhadap varietas yang dilindungi maka harus mendapat persetujuan pemegang Hak PVT, karena apabila tidak ada persetujuan maka ada sanksi pidana yang mengancam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *