Menuju Implementasi SMAP, Pusat PVTPP Latih Auditor Internal

Menuju Implementasi SMAP, Pusat PVTPP Latih Auditor Internal

Selama dua hari (16-17 September 2019), sebanyak 35 orang perwakilan dari Bagian Umum dan tiga Bidang di Pusat PVTPP mengikuti pelatihan audit internal dilanjutkan dengan praktik audit internal bersama Wahyudin Lihawa, S.T., M.KKK., konsultan dari PT Batata Sistem Caraka.

Pelatihan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada peserta tentang panduan audit, teknik audit, dan kemampuan melakukan audit internal berdasarkan ISO 19011:2018.

Peserta mendapatkan materi mengenai evolusi standar audit sistem manajemen, tujuan audit dan alur pengelolaan program audit internal, definisi-jenis-prinsip audit, refresh persyaratan ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan, dan fase-fase audit berdasaran ISO 19011:2018 tentang Panduan Audit Sistem Manajemen.

Setelah mendapatkan bekal teori, di hari ke-dua, peserta menerapkan audit internal atas proses-proses yang dilakukan di Pusat PVTPP. Audit internal dilaksanakan bukan hanya untuk memeriksa apakah sistem sudah dijalankan, tapi lebih jauh lagi, untuk menguji sejauhmana efektivitas implementasi sistem tersebut.

Dengan telah dilaksanakannya audit internal dan penyusunan seluruh dokumen yang dibutuhkan, maka Pusat PVTPP telah siap menjalankan Sistem Manajemen Anti Penyuapan dalam pelaksanaan tugasnya. Kami berharap penerapan SMAP akan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik yang kami berikan kepada masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *