Optimalkan Pendaftaran Varietas Hortikultura, Pusat PVTPP Adakan Kortek di Balitjestro

Optimalkan Pendaftaran Varietas Hortikultura, Pusat PVTPP Adakan Kortek di Balitjestro

Dimulai pada 2019, Pusat PVTPP menyelenggarakan koordinasi teknis sebagai upaya mendorong balai-balai penelitian dan produsen benih hortikultura untuk melakukan perakitan varietas unggul baru dan kemudian mendaftarkannya untuk tujuan komersialisasi (pelepasan/peredaran benih).

Pada Kamis (06/02), Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) menjadi tempat ketiga penyelenggaraan koordinasi teknis pendaftaran varietas hortikultura setelah Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi) dan  Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa). Hadir sebagai peserta antara lain dari jajaran peneliti Balitjestro, fakultas pertanian Universitas Brawijaya dan Universitas Muhammadiyah Malang, serta produsen benih di Jawa Timur.

Materi yang diulas mencakup sisi perangkat kebijakan dan teknis pendaftaran varietas hortikultura, termasuk juga perbedaannya dengan pendaftaran varietas tanaman dan perlindungan varietas tanaman.

Dari sisi regulasi, Kasubdit Pengembangan Varietas Ditjen Hortikultura, Ir. Watiningsih, M.M., menyampaikan bahwa seiring dengan kebijakan Pemerintah tentang Online Single Submission (OSS), Permentan 38/2011 yang menjadi dasar hukum pendaftaran varietas hortikultura saat ini sedang mengalami revisi. Lebih lanjut djelaskan pasal dan ketentuan yang sedang dibahas perubahannya oleh Ditjen Hortikultura, Pusat PVTPP, dan Biro Hukum.

Selanjutnya Prof. Sobir dari Tim Penilai dan Pendaftaran Varietas Hortikultura (TP2VH) dan Moch. Choirur Rosyidin (koordinator PBT Hortikultura Unit Pelaksana Teknis Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (UPT PSB TPH) Jawa Timur) menguraikan secara gamblang tentang ketentuan uji keunggulan dan uji kebenaran varietas. Keduanya merupakan persyaratan yang harus dipenuhi agar suatu varietas dapat diedarkan.

Kortek Malang 2Di sesi kedua, materi dititikberatkan pada sisi penerapan sistem online untuk pendaftaran varietas hortikultura. Bertindak sebagai narasumber adalah Kasubbid Pendaftaran Peredaran Varietas Pusat PVTPP, Wiji Astutiningsih, S.P., M.P. Sebagai materi penutup, prosedur pendaftaran varietas hasil pemuliaan melalui sistem online diulas oleh Alidin, S.P., staf Subbid Pendaftaran Varietas Lokal dan Hasil Pemuliaan.

Selama acara berlangsung, para peserta tampak menyimak dan pada sesi diskusi pun aktif mengajukan pertanyaan maupun menyampaikan permasalahan yang dihadapi dilapangan saat pengujian. Salah satu saran dari peserta adalah perlunya diundang pula Dinas Pertanian kabupaten dan kota sebagai pihak yang memiliki akses langsung terhadap beragam potensi varietas hortikultura di daerah.
Diharapkan acara ini mampu menstimulir para pemulia/peneliti dalam merakit varietas unggul baru guna memenuhi kebutuhan benih dalam rangka membangun industri perbenihan hortikultura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *