PELATIHAN PATENT DRAFTING DARI LIPI

PELATIHAN PATENT DRAFTING DARI LIPI

Salah satu layanan yang diberikan oleh Pusat PVTPP sebagai unit penyelenggara pelayanan publik adalah perlindungan varietas tanaman (PVT). PVT merupakan perlindungan khusus yang diberikan negara, yang dalam hal ini diwakili oleh pemerintah dan pelaksanaannya dilakukan oleh Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian, terhadap varietas tanaman yang dihasilkan oleh pemulia tanaman melalui kegiatan pemuliaan tanaman. Hak PVT diberikan kepada pemulia dan atau pemegang hak PVT untuk menggunakan sendiri varietas hasil pemuliaannya atau memberi persetujuan kepada orang atau badan hukum lain untuk menggunakannya selama waktu tertentu.

Dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang menangani proses permohonan hingga pemberian Hak PVT, Pusat PVTPP aktif mengikutsertakan staf teknis maupun Pemeriksa PVT yang menangani pelayanan PVT. Saat ini, Rr. Rulany Widya Kartika, S.P., M.Sc.,  salah satu staf teknis Bidang Perlindungan Varietas Tanaman, tengah mengikuti Pelatihan Patent Drafting Tingkat Dasar tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Pusat Inovasi LIPI di Hotel Gren Alia Prapatan Jakarta dari tanggal 20 – 21 Maret 2018.

Acara ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para peserta untuk mendorong peningkatan produktivitas kekayaan intelektual nasional dan pemanfaatannya bagi masyarakat. Selain itu peserta mendapatkan teori dasar hak kekayaan intelektual dan workshop penulisan dan penelusuran dokumen paten serta prosedur pendaftaran paten. Peserta juga mendapatkan studi kasus dan success story pemanfaatan paten yang disampaikan oleh narasumber dari Pusat Inovasi LIPI.

Dengan pelatihan ini, diharapakan sistem PVT dapat ditingkatkan lebih baik lagi seperti sistem Paten di Indonesia yang implementasinya sudah baik sekaligus dapat mempererat kerja sama platform penguatan manajemen kekayaan intelektual yang sangat diperlukan dalam penguatan pengelolaan kekayaan intelektual di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *