PELATIHAN PENYUSUNAN DESKRIPSI VARIETAS TANAMAN

Lembang Jawa Barat, Indonesia merupakan negara dengan kekayaan Sumver Daya Genetik (SDG) yang berlimpah. Hal ini seharusnya menjadikan Indonesia lebih mampu dalam menghadapi tekanan perubahan iklim global seperti terjadi saat ini. Berdasarkan data di Pusat PVTPP sampai dengan 31 Januari 2020 baru 1.751 varietas lokal yang telah terbit Tanda Daftarnya. Tanda Daftar diberikan kepada provinsi/kabupaten/kota seluruh Indonesia. Hal ini tentu saja memprihatinkan kita semua, mengingat kekayaan varietas lokal yang kita miliki sangat berlimpah .
Sesuai amanat Undang-Undang Republik Indonesia No.29 tahun 2000, tentang Perlindungan Varietas Tanaman, pemerintah berkewajiban memberikan penamaan terhadap varietas lokal. Selanjutnya hal ini di atur juga melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 13 tahun 2004 tentang Penamaan, Pendaftaran dan Penggunaan Asal untuk pembuatan Varietas Esensial, dan Pada Kementrian Pertanian, diatur melalui Peraturan Menteri Pertanian No. 01/Pert/SR.120/2/2006 tentang syarat Penamaan dan Tata Cara Pendaftaan Varietas Tanaman.
Pusat PVTPP sejak tahun 2018 telah melakukan upaya untuk mendorong percepatan pendaftaran varietas lokal. Selain melalui kegiatan sosialisasi dan penyelenggaraan pertemuan dengan pemangku kepentingan, juga telah melakukan upaya percepatan pendaftaran varietas lokal melalui kerjasama dengan BPTP seluruh Indonesia yang memiliki peran strategis dalam pengelolaan dan pemanfaatn SDG. Kerjasama ini diharapkan mampu mendorong dan memotivasi derah untuk secara lebih aktif melakukakn identifikasi SDG yang ada di wilayahnya, untuk kemudian dikarakterisasi dan didaftarkan ke Pusat PVTPP.
Untuk itu Pusat PVTPP mengadakan Pelatihan Penyusunan Deskripsi Varietas Tanaman selama 5 hari di Lembang, Jawa Barat yang diikuti 32 peserta yang terdiri dari BPSB 22 peserta, Perguruan Tinggi 4 peserta, Balai Besar 1 peserta, dan LIPI 5 peserta .
Tujuan pelatihan ini adalah meningkatkan kompetensi peserta pelatihan dalam menyusun deskripsi varietas lokal dan meningkatkan jumlah varietas lokal yang terdaftar di Pusat PVTPP pada tahun 2020. Selain itu diharapkan dapat ikut serta menyebarluaskan dan mendorong unit kerja terkait didaerah masing-masing untuk lebih aktif dalam mengelola SDG di wilayahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *