PELATIHAN PERLINDUNGAN VARIETAS TANAMAN

PELATIHAN PERLINDUNGAN VARIETAS TANAMAN

Dalam rangka memberikan pemahaman dan minat lebih terhadap Hak Perlindungan Varietas Tanaman, serta meningkatkan ketrampilan penyiapan dokumen permohonan hak PVT, Pusat PVTPP mengundang stakeholder layanan Perlindungan Varietas Tanaman yang mencakup lembaga penelitian (LIPI, Batan, dll), perguruan tinggi (UGM, Undip, IPB, Unmul dan LPP), dan perusahaan benih (PT. BISI, PT. Dupont, PT. East West Seed Indonesia, dll). Pelatihan dilaksanakan di Stasiun Pengujian BUSS di Manoko Lembang selama tiga hari pada tanggal 29-31 Agustus 2018.

Pada hari pertama Pelatihan PVT, peserta diberikan pengenalan tentang sistem PVT di Indonesia yang disampaikan oleh Ir. Warsidi, Prinsip, Teknik Uji BUSS dan Pengambilan Foto oleh Kepala Stasiun Uji BUSS Manoko, Nurdini Khadijah, SP., MP Nurdini Khadijah, Pengisian Formulir Permohonan Hak PVT oleh Pemeriksa PVT Muda, Lia Amalia Lia Amalia SP., MP, serta materi Pelaksanaan Pemenuhan Kewajiban PVT melalui APLLY PVT yang disampaikan oleh staf Subbidang Pemantauan dan Evaluasi, Diah Sulistyorini Diah Sulistyorini SP., MP.

Sesuai dengan UU No. 29 Tahun 2000, PVT adalah hak khusus yang diberikan negara kepada pemulia/pemegang hak PVT untuk menggunakan sendiri atau memberikan persetujuan kepada orang/badan hukum lain untuk menggunakannya selama waktu tertentu. Hak PVT ini bisa didapatkan setelah memenuhi persyaratan administrasi, serta kebaruan (Baru) dan pemeriksaan substantif yang memenuhi unsur Unik, Seragam dan Stabil (USS) sehingga sering disebut Uji BUSS.

Saat ini Pusat PVTPP telah mempunyai aplikasi permohonan Hak PVT yang memudahkan pemohon hak PVT yang dapat diakses melalui simpel.pertanian.go.id. Selain itu juga bagi para pemegang hak PVT dimana salah satu kewajibannya membayar iuran PVT, saat ini sudah dapat menggunakan aplikasi APPLY PVT (https://ap1.pertanian.go.id/) yang mencakup pembayaran biaya tahunan, monitoring secara online, laporan kewajiban online serta pembayaran jasa pelayanan PVT lainnya seperti yang terdapat dalam PP No. 35 /2016.

Pelatihan PVT masih akan berlanjut hari ini dan sampai besok dengan materi cara pengisian formulir PVT dan teknik pengamatan karakteristik tanaman dan reviu hasil praktek di lapang yang dipandu oleh Pemeriksa PVT dimana para peserta akan diberikan kesempatan materi lapang tentang metode pengujian BUSS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *