Pengawasan Terpadu Untuk Menjamin Kepentingan Konsumen

Pengawasan Terpadu Untuk Menjamin Kepentingan Konsumen

Setelah mengunjungi Kebun Pemeriksaan Pusat PVTPP di Mojosari, kali ini Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, Justan Riduan dan Inspektur 1 Ir. Santoso, MM kembali mengunjungi Kebun Pemeriksaan kali ini untuk tanaman Dataran Rendah di Manoko Lembang jumat lalu 25 Januari 2019.

Diterima oleh Kepala Pusat PVTPP, Prof. Erizal Jamal, Kepala Bagian Umum, Ir. Zulhaida, Kepala Bidang PVT, Ir. Warsidi, Kepala Subbid Permohonan Hak PVT, Winarno SP dan Kepala Stasiun Uji BUSS Nurdini Khadijah, SP, MP seluruh staf teknis Kebun Pemeriksaan.

Pada kunjungan Irjen dan Inpektur 1 dijelaskan tentang fungsi keberadaan Kebun Pemeriksaan dalam sistem Perlindungan Varietas Tanaman yang untuk menguji permohonan Hak PVT apakah varietas tanaman yang sedang dimohonkan sesuai dengan kebaruan, keunikan, keseragaman dan kestabilan.

Bapak Irjen juga menyampaikan bahwa sebagai unit pelayanan publik pentingnya mendapatkan Trust dari publik. Kepercayaan dari publik merupakan salah satu indikator keberhasilan pelayanan.

Irjen juga menyampaikan bahwa
PVT belum terdengar gaungnya padahal PVT sangat berperan dalam mendukung program Indonesia menuju lumbung Pangan dunia dalam konteks penyediaan varietas unggul. Pusat PVTPP diharapkan terus menggali potensi pemuliaan Indonesia dalam menciptakan varietas baru.

Selain itu Irjen juga berpesan untuk melakukan monitoring hak PVT sesuai dengan konsekwensi yang berlaku. Kalo perlu lakukan pencabutan untuk varietas yang sudah tidak memenuhi syarat lagi. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menjaga kepentingan petani sebagai konsumen. Jika sistem pemeriksaan akuntabel dan sistem monitoring terintegrasi berjalan dengan baik maka akan menjadi pemacu smangat pemulia bahwa pengawasan terus berjalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *