PENYEMPURNAAN PEMANTAUAN DAN EVALUASI PVT

PENYEMPURNAAN PEMANTAUAN DAN EVALUASI PVT

Salah satu kewajiban dari pemegang Hak PVT adalah melaksanakannya haknya di Indonesia. Maka tahapan monitoring dan evaluasi merupakan titik penting untuk memastikan pemegang Hak PVT menjalan hak dan kewajibannya dengan baik. Untuk meningkatkan monev, dilaksanakan pembahasan revisi Pedoman Umum Pemantauan dan Evaluasi tanggal 2 Mei 2018 dengan peserta yang hadir Prof.Budi Marwot, Ketua Komisi PVT dan Dr.Neni Rostini mewakili anggota Komisi PVT. Selain itu juga dihadiri oleh fungsional pemeriksa PVT,pranata komputer,bendahara PNBP dan staf bidang PVT.

Beberapa hal penting yang menjadi bagian dalam revisi yaitu :
1. Pemantauan kewajiban pemegang Hak PVT akan dilakukan in-line dengan pencapaian IKU.
2. Laporan Kewajiban Pemegang Hak PVT akan menjadi salah satu tools untuk pemantauan kewajiban pemegang hak PVT. Pengisian LK menjadi bagian mandatory dalam mekanisme pembayaran iuran tahunan yang akan dilakukan secara online melalui aplikasi.
3. Kegiatan pemantauan kewajiban aspek ketersediaan benih di lapangan menjadi satu kesatuan dengan pemantauan keragaan varietas. Adapun benih yang tersedia harus memenuhi kriteria : ada,benar dan hidup serta memenuhi sifat/ciri keunikan,keseragaman dan kestabilan

Dengan revisi beberapa hal tersebut di atas,diharapkan kegiatan pemantauan kewajiban pemegang hak PVT dan keragaan varietas dapat berjalan dengan lebih efektif dan optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *