PERCEPATAN PENDAFTARAN VARIETAS TANAMAN

PERCEPATAN PENDAFTARAN VARIETAS TANAMAN

Untuk melancarkan pelaksanaan kegiatan Percepatan Pendaftaran Varietas Lokal di 33 Propinsi Kabupaten dan Kota (daerah) di tahun 2019, Pusat PVTPP kembali berkoordinasi bersana BBP2TP pada hari ini Jumat, 22 Februari 2019 di ruang Rapat Pusat PVTPP. Koordinasi ini dalam rangka penyusunan Pedoman Umum (Pedum) yang memuat teknis Kerja Sama Percepatan Pendaftaran Varietas Lokal. Selain itu juga membahas penyusunan administrasi pelaksanaan kegiatan tersebut.

Dengan dibuka oleh Kepala Bidang Pendaftaran Varietas Tanaman, Ewin Suib dan di hadiri Kepala BPTP, Kepala BP2TP, BPSBTPH Jawa Barat, Satuan Kerja Pusat PVTPP yang diwakili oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Sunoto, serta seluruh staf Bidang Pendaftaran Varietas Tanaman Pusat PVTPP.

Pada ini terdapat beberapa usulan baru yang didiskusikan yaitu hal hal yang menghambat dan kurang lancarnya pelaksanaan kegiatan seperi ijumlah personil deskripsi varietas dan format administrasi dengan metode LS. Dalam kesempatan ini Pusat PVTPP juga membahas mengenai perangkat kerjasama percepatan pendaftaran varietas lokal seperti teknis penandatangan MOU, Panduan percepatan pendaftaran varietas lokal yang mengatur pelaksanaan teknis kegiatan dan mekanisme keuangan dan penyusunan Tim teknis pendaftaran varietas.

Direncanakan dalam TA. 2019 ada sebanyak 300 Varietas Lokal pada 33 Propinsi yang didaftarkan dengan melibatkan Tim di masing masing Propinsi (dalam bentuk MoU) yang terdiri dari Dinas Pertanian Propinsi/Kabupaten/Kota, Perguruan Tinggi, Komisi Daerah SDG dimana BBP2TP dan Pusat PVTPP yang melakukan koordinasi dengan seluruh BPTP di propinsi dalam mendukung Program Percepatan Pendaftaran Varietas Lokal tersebut. Oleh karena diperlukan kesepahaman seluruh Propinsi/Kabupaten dan Kota maka setelah sekesai penyusunan Pedum segera diadakan Workshop dengan mengundang wakil dari Propinsi/Kabupaten/Kota sekaligus penandataganan MoU pada waktu selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *