PERSIAPAN MOOT COURT PENANGANAN KASUS PVT

PERSIAPAN MOOT COURT PENANGANAN KASUS PVT

Apa itu moot court? Moot court dikenal sebagai peradilan semu. Moot court dapat memberikan tambahan belajar bagi mahasiswa Fakultas Hukum untuk mengembangkan diri, terutama perwujudan konkrit dari matakuliah-matakuliah hukum acara.
Dalam rangka kompetisi moot court, Pusat PVTPP mengundang mahasiswa dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan Universitas Pancasila tanggal 12 April 2019 yang lalu di Padu Satu Kementerian Pertanian.

Kedua fakultas tersebut diberikan penjelasan mengenai sistem Perlindungan Varietas Tanaman berdasarkan UU No. 29 Tahun 2000 tentang PVT oleh Ir. Warsidi (Kepala Bidang PVT) dan Togu Rudianto Saragih, S.H. (Penyidik Pegawai Negeri Sipil -PPNS- Ditjen Perkebunan)

Dilihat dari praktik keseharian, kasus-kasus PVT masih sangat minim sehingga dalam hal implementasi penanganan kasus PVT, para mahasiswa fakultas tersebut masih meraba penanganan kasus PVT dan menginterpretasikan sesuai dengan pemahaman mereka.
Dari hasil diskusi, para mahasiswa ini sudah mendalami UU No. 29 tentang PVT sehingga dapat memberikan saran, masukan, dan kritik yang cukup tajam dalam hal penanganan kasus-kasus PVT yang berpotensi terjadi di waktu mendatang.

Nantinya, terbuka kesempatan untuk Pusat PVTPP, khususnya Bidang PVT, untuk melakukan diskusi terbuka dan lanjutan untuk mereview aspek hukum dari UU No. 29 Tahun 2000 tentang PVT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *