Pusat PVTPP Adakan Pelatihan SMAP

Pusat PVTPP Adakan Pelatihan SMAP

Melanjutkan tahapan meraih sertifikasi ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP), Pusat PVTPP mengadakan pelatihan dan workshop ISO 37001:2016 pada 15-16 Juli 2019 di Wisma Pertanian Cipayung.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari tahap sebelumnya, yaitu gap analysis atas kegiatan di seluruh Bagian dan Bidang. Hasil yang telah diperoleh adalah peta proses bisnis yang akan membantu Pusat PVTPP dalam mencapai tujuan, melalui penggambaran alur kegiatan pelayanan lintas fungsi yang tidak terkotak-kotak pada fungsi masing-masing.
Dihadiri sebagian besar pegawai dari seluruh Bagian dan Bidang, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman secara menyeluruh tentang urgensi SMAP bagi organisasi dan persyaratan yang harus dipenuhi untuk meraih sertifikasi SMAP.

Materi yang disampaikan oleh Konsultan dari bsc_consulting Batata Sistem Caraka, Wahyudin Lihawa, mencakup teori dan praktik, antara lain tentang sistem dan latar belakang kebutuhan peningkatan pelayanan, manfaat, konsep fundamental dan prinsip SMAP, serta workshop penyusunan dokumen.

Dari sesi workshop, berhasil disusun manajemen resiko terhadap peluang terjadinya penyuapan pada kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam pelaksanaan semua jenis pelayanan di Pusat PVTPP. Resiko yang dipetakan terbagi menjadi tiga level: rendah, sedang, dan tinggi.

Kepala Pusat PVTPP menyambut baik kegiatan ini dan menginstruksikan segera melakukan tindak lanjut yang diperlukan untuk dapat mengimplementasikan SMAP sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik Pusat PVTPP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *