Pusat PVTPP Bangun Zona Integritas untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Pusat PVTPP Bangun Zona Integritas untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

(Jakarta 15/02) Pusat PVTPP memiliki target untuk dapat meraih predikat Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI WBK/WBBM). Berbekal pengalaman dari penilaian mandiri oleh Inspektorat Jenderal di tahun 2020, dimana Pusat PVTPP mendapatkan nilai 84,54, di tahun 2021 Pusat PVTPP berbenah dari awal tahun untuk mengupayakan langkah-langkah strategis yang harus dieksekusi untuk membangun zona integritas.
Kepala Pusat PVTPP, Prof. Erizal Jamal, pada Sosialisasi Rencana Kerja Pembangunan ZI WBK WBBM di Kantor Pusat PVTPP, 15 Februari 2021, menegaskan bahwa sesungguhnya predikat ZI WBK/WBBM bukanlah predikat yang kita kejar, namun lebih dari itu, komitmen seluruh jajaran pimpinan dan pegawai untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Karena ini merupakan kerja bersama, maka semua pihak harus memahami terlebih dahulu rencana kerja yang disusun dan mengetahui tugasnya. Rencana kerja yang sudah disusun harus segera dieksekusi, terutama guna mewujudkan inovasi pada pelayanan publik, sesuai dengan bidang tugas Pusat PVTPP.
Sosialisasi internal Rencana Kerja ZI WBK/WBBM kepada seluruh jajaran pimpinan dan pegawai Pusat PVTPP ini dilaksanakan setelah membentuk Tim Kerja Pembangunan ZI WBK/WBBM dan menyusun rencana kerja untuk enam area perubahan. Sosialiasi ini sebagai upaya menyamakan visi dan misi dalam membangun Zona Integritas. Pada kesempatan ini, dipaparkan rencana kerja pada area manajemen perubahan, tata laksana, manajemen Sumber Daya Manusia, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas, dan peningkatan pelayanan publik. Pada masing-masing area perubahan, dibahas secara detail upaya peningkatan kinerja yang akan dilaksanakan, penanggung jawab, dan rencana waktu pelaksanaannya.
Inspektorat Investigasi Kementan sebagai pembina dan tim penilai internal memberikan beberapa rekomendasi dan langkah strategi penerapan pembangunan Zona Integritas kepada Pusat PVTPP yang mencakup penguatan komitmen pimpinan dan pegawai, kemudahan pelayanan publik melalui penyediaan fasilitas dan keramahtamahan, program yang menyentuh masyarakat, monitoring dan evaluasi untuk memastikan pembangunan Zona Integritas berjalan sebagaimana mestinya, serta penggunaan strategi komunikasi melalui media sosial.
Menutup kegiatan ini, diskusi yang cukup intens antara pimpinan dan pegawai menghasilkan cukup banyak masukan yang mengayakan rencana kerja ZI WBK/WBBM Pusat PVTPP, terutama mengenai peningkatan kualitas pelayanan publik dan penguatan pengawasan. Ini hanyalah permulaan karena sejatinya tantangan sesungguhnya baru akan dihadapi. Dengan kerja sama dan komitmen, Pusat PVTPP akan berupaya merealisasikan rencana tersebut menjadi kerja nyata, tentunya demi semakin membaiknya pelayanan publik yang kami berikan kepada masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *