PUSAT PVTPP COACHING CALON START UP BERBASIS TEKNOLOGI

PUSAT PVTPP COACHING CALON START UP BERBASIS TEKNOLOGI

Sejak tahun 2016, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) memiliki kebijakan berupa pendanaan untuk mengembangkan produk inovasi teknologi yang berasal dari Perguruan Tinggi melalui program Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi dari Perguruan Tinggi (CPPBT-PT). Program CPPBT-PT ini ditujukan untuk mendorong penyempurnaan produk inovasi teknologi yang sudah masuk pada kategori prototype dan fase pra-komersial untuk disiapkan menuju komersial. Selama empat tahun terakhir ini Kemenristekdikti sudah membina dan memfasilitasi Calon program ini dari Perguruan Tinggi sebanyak 558 Calon yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia.

Faktanya saat ini para calon perusahaan ini menjadi start up teknologi masih cukup rendah, sehingga perlu dikembangkan dan menguatkan skill serta pengetahuan Calon PPBT untuk dapat menjadi PPBT ( Startup berbasis Teknologi) yang unggul. Untuk itu Kemenristek kembali menyelenggarakan kegiatan CPPBT Boot Camp 2019 pada tanggal 8-10 April 2019 yang diikuti oleh 132 peserta dari 70 Perguruan Tinggi yang tersebar hampir dari Sabang sampai Merauke.

Dalam kesempatan kegiatan booth camp tersebut, Kementerian Pertanian melalui Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (Pusat PVTPP) turut hadir dan menyampaikan materi terkait pentingnya aspek legal formal dari suatu produk yang akan diperjualbelikan, serta memberikan gambaran bagaimana proses perizinan di Kementerian Pertanian, dimana terdapat 5 izin usaha dan 20 izin komersial/operasional , yang dalam proses pengajuan izinnya telah dilaksanakan secara online sehingga memudahkan para pelaku usaha untuk mendaftakan atau mengurus perizinannya. Hal ini diharapkan dapat memberikan gambaran utuh kepada para Calon PPBT khususnya produsen pupuk mengerti alur permohonan pendaftaran pupuk serta dasar hukum yang berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *