PUSAT PVTPP FASILITASI UPAYA PERCEPATAN PENDAFTARAN VARIETAS LOKAL

PUSAT PVTPP FASILITASI UPAYA PERCEPATAN PENDAFTARAN VARIETAS LOKAL

Kekayaan alam dan keanekaragaman hayati yang dimiliki bangsa Indonesia menjadi sumber plasma nutfah yang dapat dimanfaatkan untuk merakit varietas baru dan unggul untuk mendorong perkembangan industri benih dalam rangka pembangunan ekonomi sektor pertanian. Pendataan dan perlindungan terhadap kekayaan hayati tersebut dapat diwujudkan melalui kegiatan pendaftaran varietas tanaman, terutama varietas lokal.

Sebagai wujud upaya yang dilakukan untuk mendorong peningkatan pendaftaran varietas lokal yang ada di Indonesia, Pusat PVTPP merangkul Balai Besar Pengkajian dan Penerapan Teknologi Pertanian (BBP2TP) untuk menjalin koordinasi dengan BPTP tiap provinsi seluruh Indonesia. Kerja sama ini sudah dimulai sejak tahun 2017 dan berlanjut hingga sekarang dengan tujuan mempercepat pendaftaran varietas lokal dan memfasilitasi kegiatan identifikasi serta karakterisasi varietas lokal untuk membantu pemerintah daerah.

Pada tahun 2021, Pusat PVTPP akan melanjutkan kerja sama ini dengan 22 BPTP. Meskipun masih dalam situasi pandemi COVID-19, kegiatan ini tetap dilanjutkan karena besarnya harapan pendaftaran varietas lokal mampu memberikan manfaat ekonomi kepada daerah. Pusat PVTPP dan BBP2TP sepakat bahwa kegiatan akan dilaksanakan dengan mengacu pada hasil yang sudah dicapai di 2020, yaitu pendaftaran varietas lokal sebanyak 43 varietas. Selain itu, beberapa BPTP juga telah menghasilkan deskripsi sementara yang akan dilengkapi pada tahun 2021.

Guna menyamakan persepsi standarisasi syarat pendaftaran varietas tanaman, akan disosialisasikan panduan deskripsi varietas tanaman yang disusun Pusat PVTPP berdasarkan Panduan Pengujian Uji (PPU). (ATY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *