Pusat PVTPP Gelar Sidang Pendana Komisi PVT di Tahun 2021

Pusat PVTPP Gelar Sidang Pendana Komisi PVT  di Tahun 2021

Setiap varietas yang akan diberikan Hak Perlindungan Varietas Tanaman atau biasa disebut Hak PVT harus memenuhi unsur Baru, Unik, Seragam, dan Stabil atau lebih dikenal dengan BUSS melalui suatu pemeriksaan/pengujian yang dilakukan oleh Pemeriksa PVT. Hasil pemeriksaan tersebut kemudian dibahas oleh ahli-ahli dibidang pemuliaan yang ditunjuk oleh Menteri Pertanian yang disebut Komisi PVT dalam suatu sidang yang kemudian dirumuskan rekomendasi pemberian atau penolakan permohonan Hak PVT.
Selasa, 23 Februari 2021 telah digelar Sidang perdana Komisi PVT tahun 2021 yang dilaksanakan di Hotel Royal Bogor, Jawa Barat. Sidang Komisi PVT kali ini dilaksanakan secara daring dan luring karena masih dalam situasi pandemi COVID-19. Sidang dihadiri oleh para Komisi PVT, Pemeriksa PVT, Pemohon dan Sekretariat Komisi PVT.
Sidang Komisi PVT kali ini membahas hasil pemeriksaan 5 varietas yaitu cabai varietas Carvi Agrihorti (Balitbangtan), padi varietas Tropiko (BATAN), buncis varietas BU 9914 (PT. East West Seed Indonesia), jagung varietas P36 (Pioneer Overseas Corporation), dan jagung varietas Mira (PT. Agri Makmur Pertiwi).
Sidang dibuka oleh Kepala Pusat PVTPP, Prof.(R). Dr. Ir. Erizal Jamal, M. Si. , dalam sambutannya disampaikan beberapa point penting diantaranya tentang upaya Pusat PVTPP untuk meningkatkan pelayanan dan melakukan terobosan-terobosan kebijakan guna menarik minat masyarakat untuk mengajukan permohonan PVT antara lain dengan memformulasikan biaya permohonan PVT dan pemeliharaan Hak PVT (iuran tahunan) yang lebih ringan dengan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, selain itu adanya rencana Pusat PVTPP menggandeng Direktorat Jenderal Hortikultura untuk dapat mengintegrasikan proses pendaftaran peredaran varietas hortikultura dengan pendaftaran varietas hasil pemuliaan dan PVT sehingga proses dari ketiga jenis layanan tersebut menjadi lebih efektif dan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *