PUSAT PVTPP IKUT MEMULIHKAN EKONOMI PASCA GEMPA LOMBOK

PUSAT PVTPP IKUT MEMULIHKAN EKONOMI PASCA GEMPA LOMBOK

Menindak lanjuti Instruksi Presiden dan edaran Menteri Pariwisata Nomor: UM.303/25/15/MP/2018 tanggal 6 September 2018 tentang d
Dukungan Pemulihan ekonomi di Lombok Propindi NTB Pasca Gempa, Pusat PVTPP berpartipasi mengikuti kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Online Single Submission di Hotel Lombok Raya NTB yang dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darwin Nasution yang dalam sambutan pembukaannya mengatakan bahwa untuk mendorong investasi maka sistem perizinan harus mudah cepat dan berlaku secara nasional dan terintegrasi secara Online Single Submission (OSS).

PERAN PTSP
Dalam rangka mendukung kemudahan berinvestasi. maka peran PTSP sangat penting, disamping sebagai klinik berusaha, juga sebagai penyelesaian kasus / permasalahan yang dialami oleh pelaku usaha / investor ketika akan melakukan usaha yang memerlukan izin.

Sumber Daya Manusia pada PTSP harus mempunyai kemampuan dan pengalaman serta pengetahuan tentang jenis dan persyaratan komitmen layanan perizinan yg menjadi tugas pokok. Mengadvokasi dan/atau memandu investor/pelaku usaha ketika mengalami kesulitan untuk melakukan pendaftaran dan registrasi melalui OSS.

Sehubungan dengan peran PTSP maka Tim Teknis Menko Perekonomian memberikan Bimbingan Teknis dan simulasi tata cara pendaftaran kepada para peserta sosialisasi dan bimtek OSS yaitu perwakilan dari K/L, Pemerintah Daerah, DPMPTSP dan kawasan Industri.

Staf Ahli Menko Perekonomian menyampaikan bahwa pelaksanaan Sistem OSS tidak merubah substansi secara radikal tetapi membuat sistemnya lebih disederhanakan dan distandarkan.

Sistem OSS merupakan model baru dalam kemudahan berusaha yang dapat dilakukan secara online, selain itu pelaksanaan OSS merupakan New Rezim Regulation, Simpel dan Mudah, serta pentingnya KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia) untuk menentukan bidang usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *