PUSAT PVTPP LAKSANAKAN SIMULASI APLIKASI ONLINE PELEPASAN VARIETAS

PUSAT PVTPP LAKSANAKAN SIMULASI APLIKASI ONLINE PELEPASAN VARIETAS

Sebagai implementasi terbitnya Peraturan Menteri Pertanian Nomor 38 Tahun 2019 tentang Pelepasan Varietas Tanaman dan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 45 Tahun 2019 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik di Bidang Pertanian, Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian telah membangun aplikasi online pelepasan varietas tanaman.

Untuk menguji aplikasi yang telah dibangun tersebut, Pusat PVTPP melakukan simulasi di Laboratorium Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian pada tanggal 20 Januari 2020, kegiatan dibuka oleh Ir Ewin Suib, MM selaku Kepala Bidang Pendaftaran dengan dihadiri perwakilan dari masing-masing Direktorat Jenderal teknis terkait, penyelenggara pemuliaan, dan verifikator pada Pusat PVTPP. Dari kegiatan ini diharapkan Pusat PVTPP mendapatkan feed back guna penyempurnaan sistem aplikasi tersebut.

Foto 2Kegiatan ini disambut baik oleh penyelenggara pemuliaan. Mereka optimis aplikasi ini akan memperpendek waktu pelayanan, menjamin transparansi, dan menghemat biaya. Proses permohonan pelepasan akan lebih singkat dan terukur waktunya sehingga penyelenggara pemuliaan mendapatkan kepastian waktu terbitnya SK. Dengan demikian komersialisasi varietas unggul baru akan segera dapat sampai kepada pengguna/petani.

Aplikasi online pelepasan varietas tanaman ini akan terus berkambang menyesuaikan dengan kondisi dan peraturan yang berlaku. Ke depannya Pusat PVTPP berkomitmen akan terus memberikan pelayanan prima dengan berbagai kegiatan dan inovasi lainya seperti yang selalu dilakukan yaitu melalui sosialisasi maupun coaching clinic secara intensif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *