PUSAT PVTPP LAUNCHING BIAYA PEMERIKSAAN SUBSTANTIF PERMOHONAN HAK PVT

Pusat PVTPP mempunyai informasi terkait Biaya Pemeriksaan Substantif atau Uji BUSS di Kebun Pemeriksaan PVT di Manoko Lembang dan Mojosari Mojokerto.

Sesuai dengan UU Nomor 29 Tahun 2000 dan PP Nomor 35 Tahun 2016, biaya pemeriksaan substantif permohonan hak PVT terdiri dari dua komponen yaitu biaya penanaman sesuai PP Tarif dan biaya perjalanan dinas pemeriksan sesuai dengan Standar Biaya Masukan dan bergantung pada jenis tanaman serta lokasi penanaman. Biaya tersebut dibebankan kepada pemohon Hak PVT dan disetorkan ke Kas Negara.

Selama ini banyak pemohon hak PVT yang masih bertanya Tanya berapa biaya pemeriksaan subtantif yang harus dikeluarkan oleh pemohon sebagai Wajib Baya. Berdasarkan hal tersebut, Kepala Pusat PVT dan Perizinan Pertanian mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 205/Kpts/PV.110/A.9/6/2019 Tentang Biaya Pemeriksaan Substantif Keunikan, Keseragaman, dan Kestabilan Varietas dalam rangka Perlindungan Varietas Tanaman terlampir sebagai panduan bagi para wajib bayar yang memohonkan hak perlindungan varietas tanaman.

Silahkan cek SK nomor 205/Kpts/PV.110/A.9/6/2019 berikut ini juga untuk lebih memahami panduan biaya pemeriksaan substantif. Jika masih ada yang belum jelas, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *