PUSAT PVTPP PERSIAPKAN BANGUN ZONA INTEGRITAS DI 2021 DENGAN PERBAIKI KUALITAS PELAYANAN PUBLIK

PUSAT PVTPP PERSIAPKAN BANGUN ZONA INTEGRITAS DI 2021 DENGAN PERBAIKI KUALITAS PELAYANAN PUBLIK

Pada tahun 2020, Pusat PVTPP telah mengikuti Penilaian Mandiri Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) dengan Tim Penilai dari Inspektorat Investigasi Kementerian Pertanian. Pada Jumat, 15 Januari 2021, tim penilai memaparkan bahwa  hasil yang diperoleh cukup menggembirakan dengan diraihnya nilai 84,54 dari skala 100. Dr. Heni Nugraha, S.E., M.M. memberikan apresiasi karena meskipun ini baru pertama kalinya bagi Pusat PVTPP, namun hasilnya luar biasa dan meskipun belum berhasil di level nasional, untuk lingkup Kementan, kinerja instansi ini dinilai membanggakan.

Di tahun 2021, Itjen Kementerian Pertanian akan kembali mengusulkan Pusat PVTPP untuk menjadi unit kerja dengan predikat Menuju WBK/WBBM. Inspektorat Investigasi memaparkan bahwa dari hasil penilaian mandiri tahun 2020, beberapa indikator perlu mendapatkan perhatian lebih, seperti di area penataan tatalaksana, manajemen perubahan, dan penguatan pengawasan. Sementara itu, untuk indikator penguatan akuntabilitas, Pusat PVTPP meraih nilai sempurna, 100. Pusat PVTPP direkomendasikan untuk meningkatkan impementasi pembangunan Zona Integritas melalui beberapa langkah antara lain membuat inovasi terkait maklumat pelayanan, melakukan reviu dan perbaikan atas Standar Pelayanan dan SOP, dan membuat serta mengimplementasikan sistem sanksi/reward bagi pelaksana layanan.

Atas rekomendasi ini, Prof. Erizal Jamal memberikan arahan untuk, pertama, menginventarisasi apa saja inovasi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, kemudian juga tak lupa menguatkan kerja sama dan kekompakan di internal Pusat PVTPP, sambil juga memikirkan apa bentuk kompensasi apabila pelayanan kurang memuaskan.

Pada kegiatan ini hadir pula Ustadz Yasir Liputo yang memberikan siraman rohani untuk mengingatkan kembali pegawai Pusat PVTPP mengenai integritas.  Integritas ini penting karena institusi ini memikul amanat yang harus dipertanggungjawabkan sebagai penyedia pelayanan publik. Beliau menyarankan perlunya memiliki empat sifat dalam melayani, yaitu hayyin (tenang), layyin (santun), qarib (dekat), dan sahlun (senang mempermudah). Selanjutnya 4 values ini bisa diresapi dan diimplementasi oleh para pegawai Pusat PVTPP untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada stakeholder eksternal maupun internal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *