Pusat PVTPP Selenggarakan Sosialisasi dan Evaluasi Kegiatan Kostratani di Bukittinggi

Pusat PVTPP Selenggarakan Sosialisasi dan Evaluasi Kegiatan Kostratani di Bukittinggi

Sosialisasi dan evaluasi kegiatan Kostratani diselenggarakan di hotel Grand Rocky, Bukittinggi pada tanggal 26-28 November 2020 dengan dihadiri 66 orang yang terdiri dari Kepala Dinas Tanaman Pertanian dan Hortikultura Tingkat Propinsi dan Kabupaten atau yang mewakili, Kepala BPTP, LO Kostratani, Koordinator Penyuluh Pertanian dan PPL dari tiga Kabupaten, serta Pusat PVTPP.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Ketua Penyelenggara Kostratani, Bapak Dwi Herteddy, yang menyampaikan pentingnya kegiatan Kostratani dan juga pendataan varietas lokal unggulan yang nantinya dapat dikembangkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat daerah. Bapak Ewin Suib yang mewakili Kepala Pusat PVTPP menambahkan imbauan untuk tetap melaksanakan kegiatan ini sesuai dengan protokol Covid -19.

Dalam acara ini, beberapa narasumber menyampaikan materi antara lain Kebijakan Pupuk Bersubsidi (Bapak Reza dari Direktorat Pupuk dan Pestisida, PSP), Tata Cara Pembuatan Pupuk Organik (Kepala Balai Penelitian Tanah), Pemanfaatan Varietas Lokal untuk Pengembangan Ekonomi Masyarakat (Kabid Pendaftaran Varietas Tanaman), serta Evaluasi dan Bimbingan Teknis Penyampaian Data Kostratani (Kepala Dinas Pertanian Tingkat Provinsi dan Tk Kabupaten atau yang mewakili).

Masing-masing kabupaten menyampaikan laporan dan evaluasi kegiatan Kostratani Tahun 2020. Secara umum tiga kabupaten (Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, dan Kabupaten Pesisir Selatan), dimana Pusat PVTPP menjadi penanggung jawab Kostratani, telah melaksanakan kegiatan-kegiatan koordinasi terkait dengan fungsi Kostratani sebagai simpul informasi dan koordinasi.

Selain itu, sesuai dengan tugas dan fungsi Pusat PVTPP, telah dilakukan kegiatan display varietas lokal di Kabupaten Pesisir Selatan serta Kabupaten Solok Selatan, sementara untuk Kabupaten Kepulauan Mentawai direncanakan pada tahun 2021 akan dilakukan display varietas lokal.

Kepulauan Mentawai akan men-display tanaman talas yang merupakan makanan pokok namun belum dimanfaatkan secara optimal.

Di Kepulauan Mentawai juga telah dilaksanakan bimbingan teknis serta pendeskripsian varietas lokal unggulan oleh tim dari Pusat PVTPP, antara lain untuk varietas Durian Toktuk, Durian Kinoso, Talas Palapa, Talas Sikobou, Talas Siroti, Sagu Shaga’ik, dan Duku Samung. Selanjutnya hasil deskripsi terhadap varietas lokal tersebut akan disampaikan oleh Bupati Kepulauan Mentawai untuk dilakukan pendaftaran varietas lokal.
Dalam diskusi, Ketua Penyelenggara Kostratani Pusat PVTPP menekankan bahwa tujuan display varietas bukan hanya untuk pengenalan kepada masyarakat namun lebih ke arah pengembangannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Lebih lanjut, dari hasil diskusi disimpulkan bahwa untuk keberhasilan Kostratani di tiga kabupaten binaan Pusat PVTPP, koordinasi antarpihak perlu ditingkatkan.
Terungkap pula beberapa kendala dari dinas pertanian dan penyuluh lapangan yang perlu ditindaklanjuti antara lain perlunya tambahan SDM dan dana operasional BPP, bantuan anggaran untuk kuota bagi petugas, perlunya SK Kostrada, dan kendala sarana prasarana bidang teknologi informasi terutama di Mentawai Selatan. Kendala jaringan informasi sangat menghambat kegiatan pelaporan kegiatan dari kecamatan ke dinas, apalagi dari dinas ke pusat. Selain itu untuk transparansi anggaran di tingkat daerah, DPRD meminta kejelasan cakupan pembiayaan dari Pemerintah pusat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *