PVT Goes to UNDIP

PVT Goes to UNDIP

Dalam rangka memperkenalkan sistem Perlindungan Varietas Tanaman (PVT) ke kalangan dosen/peneliti di perguruan tinggi sekitar Jawa Tengah, khususnya Semarang dan sekitarnya, Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian bekerjasama dengan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro menyelenggarakan Pemasyarakatan Hak PVT. Acara tersebut dilaksanakan

di Gedung Dekanat Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro hari ini Kamis 21 Maret 2019. Kegiatan ini dihadiri sekitar 50 orang Dosen dan Peneliti  lingkup Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, Direktorat Inovasi dan Pengembangan Hasil Riset UNDIP, Fakultas Syariah dan Hukum Univ. Walisongo, Fakultas Pertanian Univ. Wahid Hasyim, Fakultas Hukum Univ. 17 Agustus 1945, Fakultas Hukum dan Komunikasi Univ. Katholik Soegijapranata, Faperta Univ. Sebelas Maret Surakarta, Fakultas Biologi Univ. Jenderal Soedirman, Fakultas Pertanian Univ. Jenderal Soedirman, Fakultas Pertanian Univ. Muhammadiyah Purwokerto, Fakultas Pertanian Univ. Tidar, Fakultas Pertanian dan Bisnis Univ. Kristen Satya Wacana, Fakultas Pertanian Univ. Pekalongan, Dinas Pertanian Prov. Jateng, BPSB Jawa Tengah, BPTP Jateng,  Univ. Semarang, Dinas Pertanian Kota Semarang.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Peternakan dan Pertanian UNDIP, Dr. Ir. Bambang Waluyo, H.E.P, MS., M. Agr. sangat mendukung diseminasi Sistem PVT dan mengataka bahwa selama ini para dosen/ peneliti kurang peduli terhadap hak-hak yang didapat dari penelitian. Untuk itu  diharapkan dengan adanya sosialisasi hari ini para dosen /peneliti jadi lebih tahu dan lebih peduli terhadap hasil penelitiannya. Kedepannya, perakitan varietas baru harus mempunyai daya saing yang tinggi.

Dalam kesempatan ini disampaikan beberapa materi antara lain  Perkembangan Pemuliaan Tanaman di Laboratorium Fisiologi dan Pemuliaan Tanaman Undip,  Pengenalan Sistem PVT oleh Kepala Bidang PVT, Ir. Warsidi dan Bimbingan Teknik pengisian formulir permohonan Hak PVT oleh Kepala Subbidang Yantek, Winarno, SP., MM.

Peserta cukup antusias, karena beberapa peserta sedang dalam tahap melakukan proses pemuliaan tanaman yang direncanakan akan diajukan PVT nantinya apabila sudah diperoleh varietas yang sudah seragam dan stabil, seperti calon varietas tanaman kacang panjang ungu rasa manis, bunga anyelir ungu adaptif dataran rendah dari dosen Fakultas Pertanian Universitas Diponegoro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *