PVTPP Terus Mendorong Pendaftaran Varietas Hortikultura Melalui Bimbingan Teknis Pendaftaran Varietas Hortikultura Di Balai Penelitian Tanaman Sayuran

PVTPP Terus Mendorong Pendaftaran Varietas Hortikultura Melalui Bimbingan Teknis Pendaftaran Varietas Hortikultura Di Balai Penelitian Tanaman Sayuran

Dalam melaksanakan tugas fungsi Pusat PVTPP terus memberikan perhatian serius dalam upaya memberikan pelayanan dalam hal pendaftaran varietas hortikultura. Melanjutkan kembali kegiatan sebelumnya yang dilaksanakan yaitu Bimbingan Teknis Pendaftaran Varietas Hortikultura untuk tanaman hias, saat ini dilakukan untuk tanaman sayuran.

Sayuran merupakan salah satu komoditas hortikultura yang memiliki peranan strategis dalam mendukung ketahanan pangan nasional yang berperan sebagai : 1) sumber bahan makanan bergizi bagi masyarakat; 2) merupakan sumber pendapatan dan kesempatan kerja; 3) sebagai komoditas potensial ekspor yang merupakan sumber devisa negara; serta 4) memiliki peluang pasar bagi sektor non pertanian, khususnya industri hulu.

Untuk mendukung hal itu diperlukan pelayanan dan fasilitasi dalam mendorong pendaftaran varietas tanaman agar dihasilkan varietas unggul sayuran. Melalui kegiatan Bimbingan Teknis Pendaftaran Varietas Tanaman Hortikultura diharapkan akan mampu dihasilkan varietas unggul baru sayuran melalui prosedur sesuai peraturan yang berlaku guna memenuhi kebutuhan pasar/konsumen. Kegiatan bimbingan teknis ini dilaksanakan di Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) Lembang pada tanggal 25 Juli 2019 yang diikuti oleh seluruh pemulia, peneliti, teknisi di Balitsa, Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian, Universitas Padjadjaran, Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, Dinas Pertanian Kabupaten Subang, Dinas Pertanian Kabupaten Sumedang serta beberapa produsen benih hortikultura di wilayah Jawa Barat antara lain PT East West Seed Indonesia, PT Tani Makmur Indonesia, PT Inko Seed Makmur, PT Prabu Agro Mandiri, PT Agro Lumintu Sejahtera, CV Nusa Heulang, CV Agri Bio-Tech Indonesia.

Narasumber dalam kegiatan bimbingan teknis ini antara lain Direktur Perbenihan Hortikultura, Dr. Neni Rostini, UPTD BPSB TPH serta dari Pusat PVTPP. Materi yang disampaikan antara lain mengenai Regulasi dalam Pendaftaran Varietas Hortikultura, Pengujian Keunggulan dan Penyusunan Deskripsi Varietas Tanaman Sayuran, Pengujian Kebenaran Varietas pada Tanaman Sayuran, Tata Cara Pendaftaran Varietas Hortikultura dan Pendaftaran Varietas Secara Online. Dari pemaparan narasumber yang disampaikan terlihat antusiasme para pemulia maupun peneliti untuk menyampaikan kendala yang sering dihadapi khususnya terhadap varietas introduksi dimana selama ini Balitsa sering melakukan kerjasama dengan balai penelitian di luar negeri, penggunaan varietas pembanding, teknik penyusunan deskripsi untuk data kualitatif dan kuantitatif,  serta pengujian adaptasi atau uji observasi yang sering dihadapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *