Rekomendasi Permohonan Hak PVT, 7 Varietas Tanaman Krisan dan Padi

Rekomendasi Permohonan Hak PVT, 7 Varietas Tanaman Krisan dan Padi

Bogor Komisi PVT kembali bertemu dengan Sekretariat Komisi PVT (Bidang PVT), Pemeriksa PVT serta pemohon Hak PVT untuk melaksanakan Sidang Komisi PVT penentuan pemberian Hak PVT. Sidang Komisi PVT kedua di tahun 2019 dilaksanakan selama dua hari tanggal 2-3 Juli 2019 di Hotel Salak Heritage Bogor. Sidang Komisi PVT ini dibuka oleh Kepala Pusat PVTPP, Prof. Erizal Jamal didampingi oleh Ketua Komisi PVT, Prof. Budi Marwoto dan lima anggota Komisi PVT, serta Kepala Bidang PVT selaku Sekretaris Komisi PVT, Ir. Warsidi, pemeriksa PVT dan staf Bidang PVT.

Pada pembukaan sidang Komisi PVT, bahwa sistem PVT memiliki beberapa tantangan yang perlu di jawab yaitu meningkatkan jumlah permohonan hak PVT, mempromosikan value added dari Sertifikat Hak PVT, law enforcement dari pelanggaran hak PVT dan juga issue tentang farmers rights yang berkaitan dengan keanggotaan UPOV. Sehingga pada nantinya Komisi PVT dapat secara khusus mendiskusikan permasalahan dan tantangan yang ada.

Agenda sidang Komisi PVT kali ini merupakan rangkaian kegiatan dari permohonan hak PVT dan pemeriksaan substantif yang akan membahas hasil uji BUSS untuk untuk tujuh varietas tanaman dari pemohon Hak PVT Badan Litbang Pertanian yaitu tiga varietas Krisan dan tujuh varietas padi. Selain itu, agenda lainnya yang akan dibahas oleh Komisi PVT adalah Draft Panduan Pelaksanaan Uji BUSS Keladi Tikus dan Panduan Umum Pemeriksaan Substantif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *