RELAUNCHING STASIUN PENGUJIAN BUSS MANOKO LEMBANG

RELAUNCHING STASIUN PENGUJIAN BUSS MANOKO LEMBANG

Pusat PVTPP relaunching Stasiun Pengujian BUSS yang mewajibkan seluruh pemeriksaan substantif untuk permohonan hak PVT tanaman dataran tinggi dilakukan di stasiun Pengujian BUSS Manoko yang telah diresmikan tahun 2014).

Pusat PVTPP telah menyiapkan perangkat-perangkat penunjang seperti SDM yang terus diberikan pelatihan, Pemeriksa PVT, dan fasilitas sarana dan prasarana penunjang pengujian.

Hal ini diungkapkan oleh Prof. Erizal Jamal, Kepala Pusat PVTPP dalam pembukaannya pada Koordinasi Teknis Permohonan Hak PVT di Stasiun Pengujian BUSS Manoko Lembang, hari ini Rabu 18 April 2018 yang dihadiri oleh Kepala Biro dan Kepala Pusat lingkup Sekretariat Jenderal Kementan dan stakeholder PVTPP regional Jawa Barat.

Pengujian BUSS adalah salah satu tahap krusial pada permohonan Hak Perlindungan Varietas Tanaman. Dimana kunci kapasitas, keamanan, dan kerahasian menjadi perhatian para pemohon Hak PVT yang umumnya adalah pemulia dari industri benih, universitas, dan lembaga penelitian. Merespon hal tersebut, Pusat PVTPP terus membangun Stasiun Pengujian BUSS dengan protokol keamanan yang memadai.

Dengan diwajibkannya pelaksanaan uji BUSS di Lembang, proses uji BUSS menjadi lebih efektif dan murah dari segi biaya dengan pemberlakuan tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Selain itu, permohonan hak PVT juga sedang dalam tahap penyempurnaan pelayanan berbasis elektronik sesuai dengan amanah Peraturan Menteri Pertanian No. 41/Permentan/TI.120/11/2017 tentang Pelayanan Perizinan Pertanian Secara Elektronik.

Hal ini merupakan upaya Pusat PVTPP untuk merangsang para pemulia menghasilkan varietas unggul yang dibutuhkan petani dan mendorong industri benih untuk melindungi hasil kekayaan intelektual dan inovasi para pemulia sebagai penggerak ekonomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *