Rembug dan Expo KTNA 2019 ke-48

Rembug dan Expo KTNA 2019 ke-48

Provinsi Riau menjadi tuan rumah Rembug Nasional Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke-48 dan EXPO KTNA ke-5 di lapangan Masjid Agung An-Nur Kota Pekanbaru pada 22-25 September 2019.

Rembug KTNA ini dibuka langsung oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Dedi Nursyamsi, mewakili Menteri Pertanian Republik Indonesia.

Kendati kabut asap menyelimuti Kota Pekanbaru dan sekitarnya, suasana pembukaan berlangsung semarak dan khitmat.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Umum KTNA, Winarno Tohir; Gubernur Riau, Syamsuar; Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi; dan sejumlah pejabat lainnya serta ratusan petani dan nelayan dari seluruh Indonesia.

Kegiatan Rembug Nasional KTNA ini masih memegang teguh motto bahwa “KTNA tidak ke mana-mana tapi ada di mana-mana.” Misi yang diemban adalah jangan memaksa impor selama produk dalam negeri masih ada. Kita harus menghargai dan mencintai produk produk dalam negeri.

KTNA EXPO 2019 mengusung tema “Inovasi Produk-produk Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan”. Pameran ini diikuti oleh 56 peserta terdiri dari Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kota, BUMN, perusahaan swasta, dan Instansi lainnya.

Selain dikunjungi oleh peserta Rembug KTNA usai acara pembukaan di Balai Srindit Komplek Perumahan Gubernur Riau, KTNA Expo juga cukup ramai dihadiri oleh berbagai lapisan masyarakat Kota Pekanbaru.

Pusat PVTPP, sebagai bagian dari Kementerian Pertanian, berpartisipasi di event ini bersama dengan info guidenya yang bersemangat melayani dan memberikan informasi kepada pengunjung.

Pusat PVTPP menampilkan display dan icip-icip varietas lokal, baik dari Provinsi Riau maupun daerah lain. Dengan menampilkan tanaman sekaligus dengan hasil buah maupun olahannya, kami berupaya menarik minat pengunjung untuk mengetahui lebih jauh tentang pendaftaran varietas lokal yang menjadi salah satu upaya menjaga dan melestarikan aset kekayaan bangsa.

Hal ini sejalan juga dengan tema KTNA Nasional tahun ini, yaitu “Memaksimalkan Kuantitas dan Kualitas Produk Pangan Lokal Mencapai Lumbung Pangan Dunia.”

Varietas lokal Riau yang ramai mendapatkan perhatian masyarakat antara lain Nanas Suska Kualu, Sagu Selat Panjang Meranti, dan Kopi Liberoid Meranti.

Selain tentang varietas lokal, kami juga melayani konsultasi terkait perizinan online dan perlindungan varietas tanaman.

Lewat event pameran seperti ini, Pusat PVTPP dapat bertemu langsung dengan masyarakat untuk memberikan informasi tentang pelayanan perizinan pertanian, juga edukasi tentang perlunya pendaftaran dan perlindungan varietas tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *