Sebelas Varietas Baru Siap Di-Uji BUSS

Sebelas Varietas Baru Siap Di-Uji BUSS
Bogor – Pada Rabu (16/6), telah dilaksanakan rapat persiapan pemeriksaan substantif (Uji BUSS) untuk sebelas varietas baru yang telah selesai masa pengumuman selama enam bulan.
Varietas-varietas tersebut adalah Padi varietas Lampai Arum dan Lampai Sirandah yang diajukan olah BATAN dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung, Kayu Putih varietas KPUP 013, KPUP 039, KPUP 040, KPUP 069, KPUP 071 diajukan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Perhutani Cepu, Jagung varietas B 59 TX dan BPI 1701 diajukan Bioseed Holdings Pte. LTD., dan Kentang varietas BISI PO1 dan BISI PO2 diajukan oleh PT. BISI Internasional Tbk.
Rapat Persiapan Uji BUSS ini dibuka oleh Kepala Pusat PVTPP, Prof. Erizal Jamal, dan dipimpin oleh Anggota Komisi PVT (Prof. Sobir), serta dihadiri oleh anggota Komisi PVT, Sekretaris Komisi PVT, Pemeriksa PVT, staf Kelompok substantif PVT, dan pemohon Hak PVT.
Kepala Pusat PVTPP dalam pembukaan menyampaikan bahwa Pusat PVTPP memiliki beberapa tantangan antara lain meningkatkan jumlah permohonan Hak PVT, mempromosikan nilai tambah yang didapatkan pemohon setelah menerima Hak PVT, dan satu lagi terkait pembahasan keanggotaan Indonesia dalam UPOV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *