Sepuluh Varietas Baru Dibahas dalam Sidang Komisi PVT Ke-3

Sepuluh Varietas Baru Dibahas dalam Sidang Komisi PVT Ke-3
Solo – Sebanyak sepuluh varietas baru yang telah selesai dilakukan pemeriksaan/pengujian substantif (Uji BUSS) disidangkan Komisi PVT pada Rabu-Jumat, 23-25 Juni 2021.
Kegiatan Sidang Komisi PVT ke-3 di tahun 2021 yang dilaksanakan secara daring dan luring (dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat) ini dibuka oleh Kepala Pusat PVTPP (Prof. Erizal Jamal) dan dipimpin oleh pimpinan sidang dari anggota Komisi PVT, yaitu Prof. M. Syukur.
Kegiatan ini dihadiri oleh anggota Komisi PVT lainnya, sekretaris komisi PVT, Pemeriksa PVT, staf kelompok substantif PVT, dan pemohon Hak PVT.
Sepuluh varietas baru yang disidangkan adalah Kentang IPB CP1 (PPSHB IPB), Akasia Purwo Sri Ah044, Ekaliptus Purwo Bersinar Ep006, Ekaliptus Purwo Bersinar Ep007, dan Ekaliptus Purwo Bersinar Ep014 (BB Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan), Cabe CR 26280 (PT. East West Seed Indonesia), Jagung Simba dan Kabaret (PT. Agri Makmur Pertiwi), juga Padi Rindang 1 Agritan dan Rindang 2 Agritan (Balitbangtan).
Kepala Pusat PVTPP dalam arahannya menyampaikan bahwa salah satu upaya percepatan peningkatan permohonan Hak PVT adalah akan dilakukannya kerja sama dengan Perhimpunan Ilmu Pemuliaan Indonesia (PERIPI).
Selain itu, upaya untuk mengintegrasikan proses pelepasan varietas tanaman dan perlindungan varietas tanaman di Pusat PVTPP masih terus dilakukan sehingga diharapkan mampu mempersingkat prosedur kepemilikan izin peredaran dan perlindungan benih di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *