STRATEGI PENGEMBANGAN PVT

STRATEGI PENGEMBANGAN PVT

Bertempat di Sahid Jaya Hotel,Solo pada hari Selasa (9/10/18) Bidang Perlindungan Varietas Tanaman menyelenggarakan Sidang Komisi Khusus yang membahas tentang Strategi Pengembangan PVT. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua dan anggota Komisi PVT, fungsional pemeriksa PVT dan staf Bidang PVT. Dalam sambutannya Kepala Pusat PVTPP, Prof. Erizal Jamal menyampaikan beberapa strategi yang akan dilakukan untuk mengembangkan PVT sebagai berikut :
1. bahwa untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pengelolaan varietas terutama terkait perbedaan pengertian tentang pendaftaran,pelepasan dan perlindungan varietas tanaman,Pusat PVTPP akan mencetak bahan publikasi terkait hal tersebut. Publikasi dan sosialisasi yang massive diharapkan dapat memberikan pemahaman yang utuh kepada masyarakat terkait dengan pengelolaan varietas secara umum dan perlindungan varietas tanaman khususnya.

2. Pusat PVTPP tengah berkontribusi aktif dalam proses revisi UU No. 12 Tahun 1992 dengan upaya memasukkan paaal pengeculian untuk pelepasan bagi petani kecil dan mereka yang telah mendapatkan Hak PVT.

3. Dalam waktu dekat Pusat PVTPP akan mengirimkan beberapa fungsional pemeriksa PVT untuk melakukan studi banding pelaksanaan PVT di India yang mengedepankan aspek farmer’s right.

Sesi diskusi dilanjutkan dengan pemaparan oleh Ir. Warsidi,Kepala Bidang PVT mengenai Percepatan Pencapaian IKU dan pemaparan mengenai Usulan Perubahan Biaya Uji BUSS dan Iuran Biaya Tahunan yang disampaikan oleh Kepala Subbidang Pemantauan dan Evaluasi. Acara Sidang Komisi dilanjutkan keesokan harinya (Rabu,10/1018) dengan agenda pembahasan Pelaksanaan Uji untuk varietas kelengkeng dan selada, manual PPU untuk 4 varietas (tomat,tebu,bawang merah dan selada) serta rapat persiapan Uji BUSS untuk varietas krisan yang dimohonkan Hak PVT nya oleh Badan Litbang Kementan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *